Kenali Investasi lebih Dekat

Apa itu Investasi?

Apa Itu Investasi.png

"Nanti rugi?"
"Bukannya banyak orang yang bangkrut dan stres karena investasi?"
"Investasi itu untuk orang kaya, kan?"
Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut yang ada dalam benak Anda ketika mendengar investasi. Bisa jadi Anda beranggapan demikian karena Anda belum mengenal apa itu investasi.

 

Jadi, apa itu sebenarnya investasi?
Jika Anda cari di Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka Anda akan menemukan pengertian investasi ialah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sementara dari Investopedia, investasi diartikan sebagai kegiatan membeli aset atau barang dengan harapan di masa depan akan memperoleh keuntungan atau apresiasi (peningkatan nilai/harga). Jadi pada intinya, investasi merupakan upaya menciptakan penghasilan atau keuntungan di masa depan, lewat suatu aksi yang dilakukan pada saat ini.

 

Masih belum jelas?
Bayangkan Anda sedang berada di area taman yang sejuk, dikelilingi pepohonan yang besar, yang melindungi Anda dari terik matahari. Pohon-pohon di tempat tersebut bukanlah pohon yang baru ditanam hari ini juga, bukan ada secara instan. Namun Anda bisa menikmati hal itu karena pohon-pohon tersebut ditanam beberapa tahun lalu. Anda menikmati hal tersebut hari ini karena aksi yang Anda lakukan di masa lalu. Seperti itulah kira-kira investasi. Anda melakukan sesuatu saat ini, agar kelak Anda nikmati hasilnya di masa depan.

 

"Nanti uang saya bisa hilang?"
Mungkin itu pertanyaan yang selanjutnya muncul di pikiran Anda. Tidak hanya investasi atau menabung, hampir setiap hal di dunia ini memiliki risiko. Bahkan saat Anda membaca tulisan ini pun bisa saja ada risiko gadget Anda rusak, jika Anda tidak hati-hati menggunakannya atau jika Anda saat ini sedang membacanya di kolam renang (dan gadget Anda tidak anti air). Namun risiko-risiko tersebut, bukanlah sesuatu yang pasti terjadi. Risiko itu ada, namun bisa Anda minimalisir atau hindari, tentunya dengan mengetahui lebih dekat mengenai gadget Anda dan menghindari hal-hal apa saja yang dapat membuatnya rusak. Begitupun dengan investasi. Investasi tentu mengandung risiko, namun bukan berarti risiko tersebut menghalangi Anda untuk meraih keuntungan. Jadi yang perlu Anda lakukan, kenali profil risiko Anda dan risiko jenis investasi yang Anda lakukan, cari tahu bagaimana meraih profit dari investasi tersebut dan pahami bagaimana cara meminimalisir risikonya.

 

"Investasi mengandung risiko dan tidak ada kepastian saya akan untung, apakah berarti investasi itu judi?"
Investasi bukanlah berspekulasi. Kalau Anda berjudi, berarti Anda berspekulasi mempertaruhkan sejumlah uang atau harta dalam permainan tebakan berdasarkan kebetulan, dengan tujuan mendapatkan sejumlah uang atau harta yang lebih besar dari jumlah uang atau harta semula. Seorang investor yang sejati tidak dengan sembarangan menghabiskan uangnya untuk berinvestasi. Dia akan melakukan investasi dengan terlebih dahulu melakukan analisa yang teliti dan hanya berinvestasi jika analisanya menunjukan bahwa investasi tersebut akan menguntungkan. Walau pun masih mengandung risiko, namun berinvestasi yang baik berarti Anda menggunakan perhitungan dan mengetahui apa yang Anda lakukan, tidak sekedar berharap bahwa Anda sedang beruntung.

 

Sederhananya, investasi adalah uang Anda bekerja untuk Anda. Kalau Anda adalah seorang karyawan yang berinvestasi, artinya Anda tidak hanya bekerja untuk uang, namun juga membuat uang bekerja untuk Anda, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih optimal dari uang Anda sendiri.

Kenali Investasi Lebih Dekat

Apa itu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Perlu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Investasi

Rabu, 24 Juni 2015

Reksa Dana: Investasi Mudah, Risiko Rendah

Apa itu Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Risiko Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Reksa Dana Paling Tepat untuk Anda

Rabu, 24 Juni 2015

Sebelum Investasi Reksa Dana

Setelah Membeli Reksa Dana

Membeli Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Menjual Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Memantau Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015