Sebelum Investasi Reksa Dana

Membaca Prospektus dan Fund Fact Sheet

membaca propectus.png

PROSPEKTUS

Prospektus suatu reksa dana memberikan gambaran yang detail mengenai produk reksa dana yang akan Anda pilih sebagai sarana untuk berinvestasi. Pastikan Anda menerima dan membaca prospektus reksa dana sebelum Anda membelinya.

 

Prospektus berisi informasi penting yang menampilkan penjelasan kinerja dari Manajer Investasi terkait. Anda perlu membacanya dengan seksama sebelum melangkah lebih jauh.

 

Berikut berbagai informasi yang terkandung di dalam prospektus:

 

Tujuan dan Kebijakan Investasi
Setiap reksa dana memiliki tujuan yang berbeda dalam pengelolaannya. Pada umumnya, tujuan investasi adalah untuk mendapatkan pertumbuhan investasi yang optimal dalam jangka panjang pada tingkat risiko tertentu.

 

Informasi Kinerja
Kinerja reksa dana ditampilkan dengan menunjukkan data return reksa dana dalam periode tertentu. Besar dan kestabilan return dari suatu reksa dana menentukan kinerja dari suatu reksa dana. Perlu diperhatikan bahwa kinerja di masa lalu belum tentu menggambarkan kinerja di masa datang.

 

Strategi Investasi
Prospektus akan memberikan gambaran jelas mengenai strategi dari suatu reksa dana. Penjelasan ini dapat berupa komposisi investasi pada saham atau obligasi, maupun keduanya.

 

Risiko
Pastikan Anda membaca dan memahami risiko yang terkandung di dalam reksa dana yang Anda pilih, sesuaikan dengan profil risiko Anda.

 

Biaya
Prospektus akan memberikan informasi rinci mengenai segala bentuk biaya yang akan dibebankan kepada investor ketika melakukan transaksi pembelian, penjualan kembali, pengalihan reksa dana, maupun biaya jasa manager investasi.

 

Informasi bagi Pemegang Saham
Prospektus akan memberi informasi yang memadai mengenai pembelian dan penjualan reksa dana. Berbagai informasi mengenai biaya yang dibutuhkan selama berinvestasi di reksa dana seperti minimum investasi awal, biaya yang harus dibayarkan terkait proses pembelian, penjualan kembali, dan pengalihan reksa dana akan disebutkan secara terperinci pada Prospektus.

 

Profil Finansial Reksa Dana
Tabel yang menjelaskan mengenai perkembangan NAB (Nilai Aktiva Bersih) dari periode awal hingga periode terkini akan ditampilkan pada prospektus. Penjelasan ini berupa total nilai aset awal hingga perkembangan nilai total aset terkini.

 

Prospektus mengandung banyak informasi penting. Sekalipun tampilan informasi di dalamnya banyak 'dianggap' membosankan dan memerlukan pemahaman yang tinggi, prospektus akan sangat membantu Anda dalam memberikan gambaran yang gamblang mengenai prospek dari reksa dana itu sendiri di masa yang akan datang.

 

FUND FACT SHEET

Selain prospektus, hal lain yang perlu diperhatikan oleh Anda ialah membaca fund fact sheet.

 

Fund fact sheet adalah informasi yang berisikan data manajer investasi, tujuan investasi suatu reksa dana, batasan investasi, komposisi portofolio, lima besar efek dalam portofolio, kinerja historis, ulasan manajer investasi dan disclaimer atau pernyataan peringatan, yang mampu memberikan gambaran singkat mengenai kinerja suatu reksa dana. Informasi pada fund fact sheetakan di-update setiap bulan.

 

 

Nama Perusahaan Aset Manajemen
Perusahaan Manajer Investasi yang mengeluarkan produk reksa dana tersebut dan yang mengelola dananya

 

Nama Produk Reksa Dana
Nama produk reksa dana yang datanya tertera di fund fact sheet tersebut

 

Harga NAB/Unit
Harga reksa dana per unit di akhir bulan tersebut (dalam satuan NAB/Unit)

 

Profil Perusahaan Aset Manajemen
Sekilas mengenai perusahaan Manajer Investasi

 

Profil Produk Reksa Dana
Umumnya berisi tentang kapan reksa dana tersebut pertama kali diluncurkan, berapa total dana kelolaan reksa dana tersebut, serta biaya-biaya.

 

Tujuan Investasi
Berisi tujuan yang diharapkan oleh Manajer Investasi dari produk reksa dananya tersebut. Umumnya ditampilkan juga apakah produk reksa dana tersebut bertujuan lebih optimal untuk jangka pendek, menengah, atau panjang.

 

Kebijakan Investasi
Menampilkan kebijakan Manajer Investasi terhadap produk reksa dananya ini, seperti jumlah presentase alokasi dana kelolaan yang diinvestasikan.

 

Kinerja Reksa Dana
Berisi kinerja dari reksa dana, yang umumnya dibandingkan dengan tolok ukurnya (indikator pembanding). Produk reksa dana yang baik umumnya memiliki kinerja yang sama ataupun lebih tinggi dari indikator pembandingnya.

 

Alokasi Aset
Berisi data dimana saja dana para investor diinvestasikan/dikelola oleh Manajer Investasi.

 

Disclaimer
Berisi pernyataan bahwa investasi mengandung risiko, oleh karena para calon investor pelru mempelajarinya terlebih dahulu (membaca prospektus).

 

Tentunya Anda tidak ingin dana yang sudah Anda keluarkan untuk investasi di reksa dana sia-sia, bukan? Mari pelajari prospektus dan fund fact sheet dengan lebih seksama demi masa depan investasi Anda!

Kenali Investasi Lebih Dekat

Apa itu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Perlu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Investasi

Rabu, 24 Juni 2015

Reksa Dana: Investasi Mudah, Risiko Rendah

Apa itu Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Risiko Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Reksa Dana Paling Tepat untuk Anda

Rabu, 24 Juni 2015

Sebelum Investasi Reksa Dana

Setelah Membeli Reksa Dana

Membeli Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Menjual Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Memantau Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015