Sebelum Investasi Reksa Dana

Cara Membeli Reksa Dana

cara beli reksadana.png

Kini Anda sudah tahu lebih jauh mengenai investasi, reksa dana, serta berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli reksa dana. Inilah saatnya Anda mengetahui cara membeli reksa dana.

 

Terdapat berbagai ketentuan umum dalam membeli reksa dana, yakni sebagai berikut:

- Pembelian reksa dana hanya dapat dilakukan pada hari bursa, yakni hari Senin-Jumat, tidak termasuk hari libur.
- Terdapat cut off time, umumnya pukul 11:00 WIB. Transaksi yang Anda lakukan sebelum cut off time, akan memakai harga NAB/UP pada hari tersebut, jika transaksi dilakukan setelah cut off time maka akan menggunakan harga NAB/UP hari berikutnya

 

Setelah mengetahui ketentuan umum tersebut, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai pembelian reksa dana:

 

Untuk membeli reksa dana pertama kali, Anda dapat mendatangi manajer investasi (perusahaan asset manajemen) atau agen penjual seperti bank dan perusahaan sekuritas yang menjual/menyalurkan produk-produk reksa dana milik manajer investasi. Untuk pendaftaran/pembelian pertama kali, Anda perlu menunjukkan dokumen pendukung seperti KTP dan NPWP.

 

Untuk pembelian berikutnya, jika Anda melakukan pembelian reksa dana secara konvensional, maka Anda harus mengisi form pembelian setiap membeli reksa dana dan melakukan transfer serta konfirmasi transfer ke manajer investasi/agen penjual melalui email atau fax.

 

Berikut langkah-langkah cara pembelian reksa dana melalui Phillip Reksadanaku sebagai salah satu contoh platform yang menyediakan pembelian reksa dana online:

 

 

2. Pada halaman Fund Selection, pilih produk reksa dana yang Anda inginkan dan klik Subscribe.

 

 

 

3. Masukan jumlah (nominal Rupiah) yang ingin Anda beli, kemudian klik subscribe.

 

 

 

4. Akan muncul pop-up windows konfirmasi, jika Anda belum membaca prospektus reksa dana yang bersangkutan, klik “No, Let me read now”. Jika Anda sudah yakin dengan pembelian Anda, klik “Yes, I am Sure”.

 

 

 

5. Jika Anda mengklik “Yes, I am Sure” maka akan muncul lembar konfirmasi mengenai data pembelian Anda. Jika sudah benar semua, klik confirm.

 

 

 

6. Setelah Anda klik “confirm”, maka akan muncul pesan bahwa instruksi pembelian reksa dana Anda telah diterima, dan konfirmasi pembelian dari Phillip Reksadanaku akan dikirimkan melalui email.

 

 

 

Anda juga akan menerima Konfirmasi Transaksi pembelian reksa dana yang diterbikan oleh bank custodian, selambat-lambatnya 7 hari bursa setelah form dan dana diterima oleh bank kustodian.

Kenali Investasi Lebih Dekat

Apa itu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Perlu Investasi?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Investasi

Rabu, 24 Juni 2015

Reksa Dana: Investasi Mudah, Risiko Rendah

Apa itu Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Mengapa Reksa Dana?

Rabu, 24 Juni 2015


Jenis-Jenis Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Risiko Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Reksa Dana Paling Tepat untuk Anda

Rabu, 24 Juni 2015

Sebelum Investasi Reksa Dana

Setelah Membeli Reksa Dana

Membeli Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Menjual Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015


Memantau Reksa Dana

Rabu, 24 Juni 2015