Artikel

Bingung Memilih Produk Reksa Dana? Manfaatkan Rating!

Artikel Tanggal: Senin, 20 Maret 2017



Jika Kamu mulai tertarik untuk mulai berinvestasi reksa dana, sebaiknya Kamu baca dulu artikel ini agar tidak kebingungan saat menentukan pilihan produk yang mau dibeli.

Banyak sekali produk reksa dana yang bisa Kamu beli. Dari jenisnya saja ada banyak mulai dari reksa dana pasar uang, fixed income, equity, balanced dan syariah. Lalu dari segi Manajer Investasinya pun ada banyak sekali. Ada lebih dari 20 perusahaan Manajer Investasi yang menjual produk reksa dana. Belum lagi dari produk yang dikeluarkan, setidaknya sebuah perusahaan Manajer Investasi bisa mengeluarkan 2 jenis produk reksa dana. Selain dari segi reputasi perusahaan Manajer Investasi, data Prospektus dan profil risiko juga menjadi penentu bagi Kamu ketika memilih produk reksa dana.

Selain hal-hal yang disebut sebelumnya, ada lagi satu alat yang bisa Kamu pakai untuk menentukan produk reksa dana yang mau dibeli.

Ya, alat pembantu ini disebut rating reksa dana. Apa itu rating reksa dana?

Rating reksa dana adalah sebuah nilai yang diberikan oleh sebuah produk reksa dana berdasarkan indikator yang ditetapkan oleh perusahaan. Penilaian rating terhadap reksa dana biasa diwakilkan dengan tanda bintang 1 hingga bintang 5. Seperti halnya rating pada hotel ya. Rating biasanya diperbaharui selama 1 bulan.

Lalu, siapa yang melakukan rating pada produk reksa dana? Tentunya bukan perusahaan pemilik produk lah yang melakukan rating (kalau gini, bisa ditinggiin nilainya). Terdapat perusahaan tersendiri yang memang secara khusus memberi rating kepada produk reksa dana. Dua diantaranya adalah Infovesta dan Morningstar.  Bedanya, kalau Infovesta biasa fokus dengan produk dalam negeri, kalau Morningstar fokus ke produk reksa dana di seluruh dunia termasuk di Indonesia. 

Apa saja indikator penilaiannya? Risk and Return, Dana Kelolaan, Unit Penyertaan, Biaya dan unsur keikutsertaan untuk melakukan rating menjadi indikator yang menentukan rating dari reksa dana. 

Rating pada produk reksa dana memang hanya mewakili performa masa lalu dari sang produk. Rating yang diberikan, jika bagus bisa menjadi suatu bentuk pengakuan terhadap bagusnya kinerja produk sebuah reksa dana. Hal ini bagi para investor bisa jadi satu aspek paling penting dalam menentukan produk apa yang mau dibeli. Memang sih, performa masa lalu gak bisa Kamu jadiin patokan untuk kinerja di masa depan. Tapi jika sebuah produk berhasil konsisten dalam mempertahankan ratingnya, tentu ini akan jadi nilai positif bagi Kamu sang investor. 

Kamu bisa langsung cari produk-produk reksa dana dengan rating tinggi, kumpulkan, lalu sesuaikan dengan profil risiko Kamu. Jangan lupa lihat komposisinya dan pastikan Kamu merasa cocok dengan komposisi investasi dari produk tersebut.

Sangat terbantu kan dengan adanya Rating produk reksa dana? Sudahkah Kamu mulai berinvestasi?


Sumber: kompas.com