Artikel

Ini yang Harus Dibeli Oleh Kamu Para Millenials!

Artikel Tanggal: Jumat, 24 Maret 2017



Jika bicara tentang generasi millenials atau yang bisa juga disebut generation Y, kita akan bicara generasi yang lahir diantara tahun 1980 sampai 2000 yang mewakili lebih dari seperempat populasi dunia. Pada tahun 2017, rata-rata seluruh generasi millenials telah tumbuh menjadi generasi yang masuk usia produktif. Yakni, usia yang sudah memungkinkan mereka untuk dapat bekerja dan menghasilkan uang sendiri serta usia yang membuat mereka menjadi konsumtif dengan banyaknya kebutuhan. 

Millenials mungkin kini sedang dalam tahap menghasilkan uang untuk dapat memberi apa yang menjadi impian mereka. Entah karena memang mereka menginginkannya atau demi persiapan menyongsong kehidupan berumah tangga. Lalu, apa saja ya kira-kira yang mau dibeli oleh generasi Millenials? :


Kendaraan Pribadi



Siapa sih yang gak mau kemana-mana pakai kendaraan punya sendiri? Mungkin memang penting untuk kita memanfaatkan moda transportasi umum yang ada, cuma untuk memiliki kendaraan pribadi ya tidak ada salahnya kan?

Pasti jika ditanya kendaraan macam apa yang mau dimiliki, pasti rata-rata akan memilih mobil. Faktor kenyamanan dan keamanan menjadi alasan mengapa peminat kendaraan roda empat ini lumayan banyak.

Nah, untuk millenials pasti lagi banyak yang nabung untuk bisa membeli kendaraan ini. Selain agar bisa ngajak pasangan jalan-jalan di akhir minggu, mobil akan sangat bermanfaat disaat kondisi-kondisi tertentu. Misalkan jika ada keluarga yang sakit, atau ketika hari raya tiba dan Kamu ingin mudik. Pasti untung banget kalau bisa punya mobil sendiri.

Baik kendaraan mobil atau sepeda motor pun kini cara mendapatkannya sudah lebih mudah. Kalau membayar tunai terlalu mahal, Kamu sekarang sudah bisa mencicilnya dengan tenor yang panjang. 

Jadi, kapan Kamu akan punya mobil sendiri?

Rumah



Yang ini pasti sudah gak perlu ditanya lagi. Siapa yang gak mau punya rumah sendiri? Kayanya gak ada yang bakal bilang begitu deh. Semua pasti ingin punya tempat tinggal miliknya sendiri. Tempat untuk berlindung dari hujan badai dan terik matahari. Tempat Kamu mengistirahatkan tubuh dan menonton televisi di akhir minggu. Home sweet home.

Eh, tapi kan beli rumah itu mahal banget? Mungkin ini pertanyaan yang sering membuat orang pesimis untuk dapat membeli rumah di usia muda. Bagi Millenials, memiliki rumah sendiri mungkin membutuhkan waktu belasan tahun dengan membelinya secara tunai.

Tapi sekarang kan sudah tidak lagi. Membeli rumah sekarang bukan berarti Kamu harus punya uang banyak untuk membeli tanah dan membangunnya. Sudah banyak kok perumahan yang menawarkan pembelian rumah dengan metoder Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

KPR ini memungkinkan Kamu untuk mencicil rumah dengan jangka waktu yang panjang. Sehingga, cicilan per bulannya pun tidak akan terlalu besar dan bisa cocok dengan gaji bulanan Kamu. Dengan gaji setidaknya 7 juta per bulan saja, Kamu sudah bisa ikut KPR dan memiliki rumah sendiri. Sertifikat rumah akan atas nama Kamu loh!

Ayo, berjuang supaya gaji naik terus dan bisa beli rumah sendiri ya!

Aset



Nah yang ini yang paling penting bagi Millenials untuk dimiliki. Hal-hal yang disebutkan diatas tujuannya lebih kepada memenuhi kebutuhan Kamu. Kendaraan untuk mobilitas sehari-hari dan rumah adalah sebagai tempat untuk tinggal. Setelah itu, mungkin masih banyak hal lain yang ingin Kamu beli seperti perabotan rumah, pakaian baru, gadget, buku dan lain sebagainya.

Tapi, bagaimana jika di masa depan semua harga semakin mahal dan pada akhirnya Kamu tidak memiliki kesiapan untuk menghadapinya. Uang tabungan yang Kamu miliki bisa saja di masa depan tidak berkembang mengikuti inflasi yang terjadi.

Untuk tetap menjaga agar nominal uang yang Kamu miliki bisa mengikuti perkembangan inflasi, investasikan uang Kamu dengan membeli aset-aset untuk dijaga dalam jangka panjang. Kamu bisa berinvestasi berbagai macam aset dari mulai properti, tanah, saham atau reksa dana.

Untuk millenials yang mungkin masih terpecah fokusnya dengan tagihan rumah atau mobil, Kamu bisa berinvestasi reksa dana untuk dapat memiliki aset yang mungkin bisa berguna untuk masa depan. 

Aset di reksa dana yang Kamu miliki jika performanya bagus tentu akan berkembang. Investasi reksa dana juga merupakan investasi yang perkembangannya mengikuti inflasi. Jadi, uang yang Kamu miliki di reksa dana akan mengikuti perkembangan jumlah inflasi yang terjadi di masa depan. Sehingga Kamu sudah tidak perlu takut akan semakin mahalnya biaya hidup di masa depan.

Investasi reksa dana bisa Kamu mulai dengan nominal 100 ribu rupiah, loh!

Kapan nih Kamu beli aset pertamamu?