Artikel

Wanita Berinvestasi? Siapa Takut!

Artikel Tanggal: Senin, 03 April 2017



"Memikirkan masa depan bukan hanya tugas seorang laki-laki sebagai suami, namun sang wanita yang akan menjadi calon istri pun juga harus bisa memikirkan dari sekarang.

Banyak pertimbangan yang mendorong wanita untuk juga pintar mengelola keuangan demi masa depan, mulai dari makin tingginya biaya hidup dan banyaknya kebutuhan dadakan yang dibutuhkan. Selain itu, wanita juga butuh untuk memenuhi kebutuhannya diluar aktivitas rumah tangga. Kalau Kamu bisa memenuhinya sendiri, kenapa harus mengandalkan suami?

Maka dari itu, jika Kamu adalah wanita yang masih berada di tengah karirnya, mulailah menyisihkan uang dari sekarang demi masa depan. Biarkan laki-laki yang akan menjadi jodoh Kamu kelak bekerja keras demi membeli rumah, kendaraan dan mempersiapkan pendidikan anak di masa depan. 

Karena sekarang bukan lagi masanya terlalu mengandalkan laki-laki dalam segala urusan. Jadilah wanita yang kuat, dan berani mengambil langkah sendiri dalam memenuhi kebutuhan untuk rumah tangga atau untuk diri sendiri. Buktikan bahwa wanita bisa, bahwa wanita kuat, bahwa wanita berani.

Salah satu investasi yang paling cocok bagi para wanita adalah investasi reksa dana. Jenis ini adalah investasi yang aman dan menghasilkan return yang lumayan bagus untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Kenapa wanita perlu berinvestasi reksa dana?

1. Mudah, tidak menyita waktu banyak

Investasi reksa dana hanya memerlukan 2 jenis action: subscribe atau redeem. Kamu tidak perlu melakukan kontrol setiap hari terhadap portfolio. Cukup subscribe di awal ketika ingin mulai berinvestasi, dan redeem setelah tiba di jangka waktu yang ditentukan sudah menuai hasil yang bagus.

Bagi wanita yang sibuk mengurus rumah tangga, tentu cara ini cocok bagi Kamu.

2. Responsif, bisa diakses lewat smartphone

Tidak perlu menelepon perusahaan tempat berinvestasi reksa dana apalagi mendatangi kantornya. Kamu bisa rutin memeriksa portfolio reksa danamu lewat aplikasi di smartphone. Bukan hanya melihat portfolio, action lain seperti subscribe, redeem, melihat data produk reksa dana, historical return dan lain-lainnya bisa dilakukan lewat smartphone. Tentu cocok bagi wanita yang memiliki mobilitas tinggi atau setiap hari mengurus rumah tangga.

 3. Aman, tidak perlu khawatir uang lenyap

Wanita memang paling jago dalam mengelola keuangannya. Dalam beberapa studi pun dikatakan bahwa wanita akan menjadi sangat 'detail' jika bicara tentang keuangan. Pun begitu, wanita juga akan lebih berhati-hati dalam mengelola keuangannya. Tidak akan dengan mudahnya menyerahkan uang ke tangan yang mungkin bisa mendatangkan kerugian. Wanita begitu ahli dalam hal ini.

Tetapi jika bicara investasi reksa dana, ada beberapa alasan mengapa wanita harus merasa aman dalam menyerahkan uangnya demi investasi. Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi 'jaminan' bagi investor wanita. Pertama, investasi reksa dana akan dikelola oleh perusahaan manajer investasi. Segala keputusan investasi akan dilakukan oleh sang manajer investasi. Uang akan diinvestasikan oleh tangan yang ahli.

Kedua, perusahaan manajer investasi yang besar biasanya terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Apabila ada tindakan perusahaan yang mungkin akan mengganggu atau berisiko bagi para investor, pasti investor akan mendapat warning dan akan menghindari perusahaan tersebut sebagai tujuan investasi.

Bagaimana wanita, sudah mulai berani kan berinvestasi setelah tahu ada investasi reksa dana?