Artikel

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Terima Gaji Pertama

Artikel Tanggal: Rabu, 05 April 2017



Seseorang bisa dikatakan sedang berada di awal karir jika mereka sudah mulai bekerja dan meraih pendapatan. Artinya, orang yang sudah berkarir harus sudah siap untuk bertanggung jawab, karena mereka sudah bekerja dan mendapatkan upah dari perusahaan. Upah atau gaji itu merupakan bentuk  kepercayaan yang diberikan perusahaan atas pekerjaan yang Kamu lakukan untuknya.

Tentu jika sebuah perusahaan saja sudah bisa mempercayai Kamu untuk melakukan tanggung jawab, Kamu juga harus mulai belajar bagaimana bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Tanggung jawab ini yang nantinya akan memunculkan kebijaksanaan dalam berbagai hal tertentu, termasuk dalam menggunakan gaji yang diberikan perusahaan.

Kira-kira, apa hal yang bisa Kamu perbuat terhadap gaji pertamamu? Tentu langsung menghabiskannya bukan hal yang bijaksana. Berikut adalah 5 hal yang bisa Kamu lakukan kepada your very first salary as a professional employee.

1. Menabung

Tidak ada salahnya bagi Kamu menyisihkan 15 - 20 % gaji Kamu untuk ditabung. Persenan yang Kamu simpan cukup sedikit saja, nanti akan ada waktunya uang terkumpul dan menjadi banyak.

2.Berikan ke Orang Tua

Selalu ingat jasa orang tua yang telah menghantarkan Kamu hingga ke level sekarang. Seluruh pendidikan yang Kamu dapat adalah hasil jeri payah orang tua. Tidak ada salahnya jika Kamu memberikan sedikit gaji pertamamu untuk sang orang tua.

3. Beri uang jajan ke Adik

Punya adik kecil? Atau mungkin keponakan? Mungkin Kamu bisa pakai gaji pertamamu untuk memberi mereka jajanan atau makanan kesukaan seperti permen atau coklat. Uang dan pekerjaa Kamu akan menjadi berkah jika dapat menghasilkan kebahagiaan, kan?

4.Beramal

Sadar atau tidak, mungkin gaji yang Kamu terima adalah hak bagi mereka yang membutuhkan. Sungguh sangat baik dan bijaksana jika sebagian dari gaji pertamamu dapat dimanfaatkan untuk beramal dan diberikan ke yang lebih membutuhkan. 

5. Berinvestasi

Punya mimpi untuk masa depan? Sebaiknya fikirkan dari sekarang. Di masa depan, tidak sedikit uang yang Kamu butuhkan untuk berbagai macam keperluan. Maka dari itu, Kamu harus kumpulkan dari sekarang, tepat setelah menerima gaji pertamamu.

Untuk mengumpulkan uang denagn maksimal, investasikan uang Kamu. Tanam uangmu ke berbagai instrumen investasi agar dapat berkembang dan berguna di kemudian hari. Kamu bisa coba berinvestasi di reksa dana untuk nominal yang terjangkau. Kebiasaan investasi harus dimulai dari sekarang.