Artikel

Kisah Sebuah Bibit dan Manfaatnya Untuk Segala

Artikel Tanggal: Selasa, 18 April 2017



Bibit unggul jika hanya dibiarkan saja tanpa ditanam, tentu selamanya hanya akan menjadi bibit. Tidak akan tumbuh, tidak akan berbuah dan tidak akan memiliki banyak manfaat. Namun, jika bibit itu ditanam, dipelihara dengan baik, disiram, diberi pupuk hingga tumbuh menjadi besar, bibit tersebut akan memberi manfaat bagi banyak orang.


Kayunya bisa dipakai untuk menjadi kayu bakar, daunnya bisa dipakai untuk obat-obatan herbal, buahnya bisa dimakan demi tubuh yang bergizi. Hal-hal yang tidak akan terjadi jika si bibit hanya dibiarkan.


Bicara bibit, sama seperti bicara tentang kondisi finansial Anda. Uang yang hanya dibiarkan, disimpan saja, tentu tidak akan berguna banyak. Uang yang dibelanjakan, mungkin akan berguna tetapi untuk orang lain. Lalu, bagaimana uang bisa berguna bagi banyak orang di masa depan, seperti kisah bibit di atas?


Tanam uang Anda. Tanam uang Anda hingga dapat bertumbuh layaknya bibit yang menjadi pohon. Buat uang Anda bermanfaat seperti halnya kayu bakar, daun dan buah yang dihasilkan oleh sang bibit.


Memang butuh usaha yang keras, tetapi jika dilihat dari apa yang dihasilkan bibit, rasanya usaha Anda untuk menanam dan mengelola apa yang Anda tidak akan sia-sia.


Jadi kan setitik bibit Anda menjadi pohon bagi semua orang. Tanam pohon uang pertama Anda dari sekarang. Karena bibit tidak bisa menunggu terlalu lama. Menunggu terlalu lama akan membuat bibit menjadi tidak unggul dan gagal menjadi pohon. Jangan biarkan peristiwa bibit terjadi kepada uang Anda.