Berita

Strategi Cerdas Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Artikel Tanggal: Jumat, 12 Oktober 2018



Masa pensiun merupakan masa di mana Anda berhenti bekerja saat memasuki usia atau kondisi tertentu. Hal ini berarti Anda tidak akan memperoleh pemasukan bulanan dari pekerjaan yang biasa Anda kerjakan. Oleh karena itu sebelum Anda sampai masa pensiun maka sebaiknya Anda persiapkan dana pensiun sedini mungkin. Kebutuhan hidup yang terus meningkat akan memaksa Anda untuk cermat dalam mengatur keuangan.


Kebiasaan untuk berhemat dan menabung tidak akan pernah terwujud jika Anda terus menunda untuk melakukannya. Terutama para millennial, yang memiliki tingkat konsumsi yang tinggi. Untuk itu ada baiknya jika kebiasaan menyisihkan uang untuk dana pensiun dimulai dari sekarang juga.

 

Berikut ini merupakan strategi cerdas mempersiapkan dana pensiun sejak dini:


1. Tentukan kapan dan berapa dana pensiun yang Anda butuhkan

Sebelum mempersiapkan dana untuk pensiun hal utama yang harus Anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu di usia berapa Anda akan pensiun. Serta berapakah dana yang Anda butuhkan untuk masa pensiun nanti. Ketika Anda sudah mengetahui pada usia berapa Anda akan pensiun dan berapa dana yang Anda butuhkan, maka akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan dana pensiun tersebut.


2. Mengurangi segala bentuk utang

Selain menabung, Anda juga harus mulai melunasi utang yang ada dan mengurangi munculnya utang baru. Punya tagihan kartu kredit yang agak bertumpuk, bayarkan segera terutama yang memiliki bunga besar terlebih dahulu agar tidak membebankan Anda ke depannya. Jika sudah lunas, tentunya masa pensiun Anda akan terasa lebih damai dan tidak terganggu dengan masalah tagihan-tagihan yang ada.

 

3. Investasi di pasar modal

Investasi juga termasuk sebagai salah satu peluang dalam mempersiapkan dana pensiun. Banyak sekali instrumen investasi yang tersedia di pasar modal saat ini seperti obligasi, saham, dan reksa dana. Anda dapat memilih investasi apa yang tepat dan sesuai dengan tujuan Anda. Jika waktu Anda terlalu padat untuk dapat turun langsung menginvestasikan dana yang Anda miliki. Anda dapat memilih instrumen investasi reksa dana.


 


Mengapa reksa dana? Karena reksa dana dapat diibaratkan seperti kendaraan umum, Anda tinggal membayar tiket saja. Maka pak sopir akan mengantarkan Anda untuk sampai ke tempat tujuan. Pak sopir disini dikatakan sebagai Manajer Investasi (MI), penumpang (investor) membayar tiket (dana) itu seolah memberikan dana ke pak sopir (MI). Lantas, MI yang akan menjalankan tugasnya untuk mengantarkan (membelanjakan dan mengelola produk investasi) sampai tujuan.

 

Reksa dana ada beberapa macam, salah satunya adalah reksa dana saham. Reksa dana saham adalah reksa dana yang menempatkan sekurang-kurangnya 80% dari dana yang dikelola untuk diinvestasikan ke dalam efek yang bersifat ekuitas (saham). Reksa dana saham memiliki return dan risiko yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana lainnya. Karena untuk kebutuhan jangka panjang, reksa dana saham paling sesuai untuk Anda yang ingin mempersiapkan dana pensiun. Salah satu produk reksa dana saham yang tepat dengan tujuan Anda mempersiapkan dana pensiun adalah Eastspring Investments Value Discovery. Mengapa? karena return yang dihasilkan Eastspring Investments Value Discovery selama tiga tahun terakhir mencapai 43.15%*. *(Berdasarkan data return tiga tahun terakhir per tanggal 28 Agustus 2018).


*Kalkulator Investasi www.poems.co.id

 

Seperti pada gambar di atas, dengan asumsi return 14.4% per tahun. Sebagai contoh jika saat ini Anda berusia 25 tahun dan berencana pensiun di usia 55 tahun, dan mengharapkan memiliki uang  imbal Rp 1.000.000.000 untuk 30 tahun ke depan. Maka uang yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk investasi reksa dana saham hanya sebesar Rp 159,938.

 

Sangat terjangkau bukan untuk sejahtera di masa tua? Maka dari itu, mulailah dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk Anda mempersiapkan dana pensiun. Semakin Anda disiplin dalam mengumpulkan dana pensiun maka pada saat masa pensiun tiba Anda tidak perlu khawatir karena semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Dengan begitu hari tua bahagia, mandiri, dan sejahtera berkat dana pensiun Anda.

 

 

Penulis : Nita Novita

Sumber gambar : www.pixabay.com

X

X