Berita

Cara Mengatur Keuangan Bagi Para Kolektor Tas

Artikel Tanggal: Rabu, 06 Februari 2019


Bagi sebagian orang mengoleksi tas merupakan kegemaran yang dapat memberikan kepuasan dan kegembiraan tersendiri, terutama bagi para wanita. Mungkin Anda salah satunya, jika iya pelajari cara mengatur keuangan untuk Anda para koletktor tas berikut ini.


Tas bukanlah suatu kebutuhan yang wajib Anda miliki, tetapi dengan adanya tas maka Anda dapat lebih efisien dalam membawa barang kebutuhan Anda. Berbagai macam barang bawaan akan lebih mudah dibawa jika Anda letakkan dalam satu tas. Selain itu tas juga menjadi bagian dari fashion. Biasanya para wanita menyesuaikan tas yang akan mereka gunakan dengan pakaian yang akan dikenakan. Dengan begitu penampilan Anda akan terlihat lebih modis.


Jika Anda memiliki hobi mengoleksi berbagai macam tas memang sah-sah saja, tetapi mengingat harga tas dengan kualitas bagus apalagi bermerek biasanya harganya tidak murah. Walaupun Anda menyukai koleksi tas-tas yang tidak mahal, tetapi jika dibeli dalam jumlah yang sangat banyak tentu tetap mengeluarkan biaya yang besar. Oleh karena itu Anda harus bisa mengendalikan pengeluaran Anda. Jangan sampai karena memenuhi hasrat hobi Anda maka keuangan menjadi berantakan.

 

Untuk itu ada beberapa hal yang dapat  dilakukan untuk mengatur keuangan pribadi Anda setiap bulannya:


1. Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan akan membantu Anda mempersiapkan segala kebutuhan baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Dengan membuat perencanaan keuangan maka memudahkan Anda dalam menentukan berapa dana yang bisa digunakan saat ini setelah dikurangi dana untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk persiapan masa depan.


2. Buat Anggaran

Setelah mengetahui dana yang harus Anda sisihkan untuk masa depan, maka Anda dapat membuat anggaran bulanan. Sebesar apapun kecintaan Anda pada hobi mengoleksi tas, anggaran untuk membeli tas tidak boleh diletakkan di paling atas dalam anggaran bulanan. Pastikan Anda membuat proporsi yang bijak untuk setiap kebutuhan. Untuk dana membeli tas, gunakanlah dana yang masih tersisa dari kebutuhan bulanan. Jika dana yang di miliki terbatas, Anda bisa mencoba berinvestasi terlebih dahulu untuk meningkatkan dana yang sudah di miliki.


3. Buat Reminder

Misalnya dengan membuat memo pada gadget Anda. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mengakses anggaran tersebut dimana pun pada gadget Anda. Karena sudah ada reminder, tidak ada lagi alasan untuk melupakan dan tidak mematuhi anggaran yang telah dibuat. Dengan begitu keuangan akan lebih terkendali.


4. Evaluasi Anggaran Secara Berkala

Setelah memiliki dan menjalani anggaran, Anda perlu mengevaluasinya secara berkala. Cobalah mencocokkan pengeluaran Anda dengan anggaran yang telah dibuat. Jika terjadi pengeluaran yang lebih besar dari anggaran, artinya Anda harus segera membatasinya di bulan selanjutnya.


Hobi mengoleksi tas, bagi sebagian orang hobi ini memberi efek kecanduan. Sering kali Anda merasa setiap uang yang ada di dompet atau di rekening terasa percuma jika tidak dibelikan tas. Tetapi Anda harus ingat, hobi itu hanya keinginan bukan sebuah kebutuhan. Jangan sampai kebutuhan terbengkalai karena memenuhi keinginan semata. Oleh karena itu cobalah untuk menyisihkan di awal dana yang Anda miliki untuk diinvestasikan. Dengan berinvestasi uang Anda akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu, dan return yang dihasilkan dapat digunakan untuk memenuhi hobi Anda tersebut. Sehingga hasrat hobi Anda terpenuhi dan keuangan juga baik.


 

Penulis : Nita Novita

Sumber Gambar : www.pixabay.com

X

X