Berita

6 Cara Merencanakan Keuangan dengan Pasangan

Artikel Tanggal: Kamis, 14 Februari 2019


Setiap keluarga pasti pernah mengalami masalah, berbagai masalah dapat terjadi dalam keluarga baik itu masalah keuangan, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Namun hal yang paling mendasar adalah masalah keuangan yang dapat mempengaruhi aspek lainnya dalam kehidupan berumah tangga.

 

Oleh karenanya selesaikan terlebih dahulu masalah keuangan, karena hal tersebut dapat mengganggu ke berbagai urusan hingga berujung pada gugatan cerai. Agar dapat memahami satu sama lain, komunikasi adalah poin utama. Karena masing-masing orang berasal dari keadaan ekonomi keluarga yang berbeda-beda, jadi banyak hal yang perlu dibicarakan terkait dengan keuangan.




Maka dari itu sebaiknya kita memilki rencana keuangan yang disepakati oleh kedua belah pihak, agar dapat menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing orang. Karena dengan memiliki rencana keuangan hal tersebut sangat membantu kita dalam menyiapkan keuangan untuk masa sekarang dan masa depan. Rencana keuangan dianggap penting karena dapat menggambarkan kondisi keuangan kita, alokasi dana menjadi lebih jelas, dan memberi motivasi kita dalam mengumpulkan uang.

 

Jika kita tidak membuat perencanaan keuangan, di tengah kepadatan jadwal yang ketat, kita bisa terjebak pada gaya pengeluaran yang berlebihan. Oleh karena itu mulailah atur rencana keuangan kita dari sekarang, dan perhatikanlah tips cermat berikut dalam mengatur keuangan:

1.Buat anggaran bulanan, dengan membagi daftar pengeluaran bulanan menjadi dua bagian, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder.

2.Segera bayar tagihan, dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat kita lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3.Sisihkan untuk investasi, alokasikan dana minimal 10% untuk investasi pada asset yang nilainya meningkat di masa depan, seperti reksa dana.

4. Buat laporan keuangan harian, catatlah semua pengeluaran kita setiap harinya.

5. Miliki dua atau lebih rekening bank, gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening lain dapat kita gunakan khusus untuk menabung.

6. Bijaklah menggunakan kartu kredit, kartu kredit juga dapat membantu kita dalam mengelola keuangan, jika kita dapat menggunakannya dengan cerdas.


Apabila kita dapat melakukan perencanaan keuangan dengan baik maka hal tersebut sangat menguntungkan dan memudahkan kita, ditambah lagi uang

yang lebih dapat diinvestasikan. Investasi sangat beragam salah satunya adalah investasi reksa dana. Investasi reksa dana sangat mudah dan terjangkau

untuk memulainya. Keuntungan dari investasi reksa dana adalah diversifikasi instan, transparasi informasi, mudah, dikelola oleh manajer investasi

yang profesional, lebih aman, biaya terjangkau, dan likuiditas tinggi. Jadi maksimalkan pendapatan  kita bersama pasangan agar dapat menyisihkan 

seagian uang yang kita miliki untuk investasi. Sehingga kita memiliki penghasilan tambahan dari investasi reksa dana tersebut.



Penulis : Nita Novita

Sumber gambar : www.pixabay.com

X

X