Berita

Tips Aman Belanja Online Agar Tagihanmu Tidak Membengkak

Artikel Tanggal: Jumat, 22 Februari 2019



Online shop atau belanja online? Hampir semua orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop, apalagi untuk para wanita. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau handphone saja kamu bisa belanja tanpa harus keluar rumah. Sangat menarik bukan belanja online dengan kemudahan yang ditawarkannya? Nah tapi hal ini yang membuat kamu jadi boros dan membuat pengeluaran kamu membengkak. Agar hal tersebut dapat dihindari yuk simak tips berikut ini.

 

1. Kenali produk

Sebaiknya sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja secara online, hal yang harus kamu lakukan adalah kenali produk tersebut terlebih dahulu. Karena barangnya tidak berwujud secara langsung, maka kamu harus lebih teliti sebelum membeli agar kamu tidak tertipu.

 

2. Membaca review dari orang lain yang pernah membeli disitus online tersebut.

Dengan membaca review atau testimoni dari orang lain yang pernah membeli di situs online tersebut maka membuat kamu lebih yakin apakah situs online tersebut terpercaya atau tidak.

 

3. Membandingkan harga di pasaran

Hal ini juga penting kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja online. Dengan membandingkan harga di beberapa situs online lainnya. Maka dengan begitu kamu akan tahu harga dipasaran rata-rata yang ditawarkan berapa. Sehingga tidak mencurigakan jika harganya terlalu murah ataupun lebih mahal dari harga yang ada dipasaran.

 

4. Identifikasi penjual

Identifikasi penjual merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Cara yang paling mudah adalah melakukan pencarian mengenai data diri penjual seperti nama, alamat, ataupun nomor handphone di mesin pencari. Mesin pencari akan menampilkan semua riwayat ataupun aktifitas penjual tersebut di internet. Dengan mengetahui latar belakang dan riwayat berjualan maka pembeli lebih mudah menentukan apakah penjual tersebut recommended seller atau bukan. 

 

5. Anggaran

Satu yang menjadi faktor penting saat berbelanja online adalah mempersiapkan anggaran. Jika kamu mampu mengelola keuanganmu untuk membuat anggaran belanja, sekalipun itu adalah belanja online. Maka kamu dapat menyelamatkan perencanaan keuanganmu. Dengan begitu kamu jadi memgetahui apakah barang yang akan kamu beli ini layak untuk dibeli untuk memenuhi kebutuhanmu atau sekedar lapar mata.

 

Agar keuanganmu tetap sehat maka sebelum berbelanja sebaiknya kamu membuat daftar barang apa saja yang kamu butuhkan. Setelah itu kamu sesuaikan dengan anggaran belanjamu, jika harga barang tersebut melebihi dari anggaran yang telah kamu tetapkan. Maka sebaiknya kamu menunda untuk berbelanja online. Karena jika kamu tetap paksakan untuk membeli sesuatu barang maka pos keuangan lainnya akan terganggu. Terutama jika kamu harus mengambil jatah uang yang seharusnya untuk memenuhi kebutuhan yang lebih penting. Seperti untuk menabung atau dana untuk berinvestasi.


Mengingat bahwa investasi jauh lebih penting dibandingkan dengan berbelanja diluar dari kebutuhan pokok. Maka jangan sampai keinginan kamu untuk berbelanja memangkas dana untuk berinvestasi. Investasi itu penting loh apalagi untuk jangka panjang, jadi jangan korbankan uang untuk masa depanmu hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Bijaksanalah dalam menggunakan uang agar kondisi keuanganmu saat ini dan masa depan tetap sehat.

 

Penulis : Nita Novita

Sumber gambar : www.pixabay.com

X

X