Berita

5 Tips Mengatasi Masalah Finansial di Era Digital

Artikel Tanggal: Selasa, 26 Februari 2019



Saat ini kehidupan  kita tidak terlepas dari peran teknologi. Hampir setiap waktu kita menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika sedang menunggu sesuatu, kita cenderung untuk bermain game ataupun melihat postingan di sosial media melalui smartphone. Padahal, ternyata smartphone-mu bisa berfungsi lebih dari itu loh. Berbagai manfaat dari teknologi digital yang berkembang pesat, kini bisa juga kamu gunakan dalam segi finansial, seperti untuk alat pembayaran non-tunai. Tetapi, ingat, jangan sampai karena teknologi yang memudahkan segala kebutuhanmu, justru membuat pengeluaranmu mengalir deras begitu saja ya.

Jika kamu masih bingung bagaimana mengatur keuanganmu di era digital seperti sekarang ini? Tenang, kamu bisa mengikuti beberapa saran yang kami berikan berikut ini ya.

1. Gunakanlah Aplikasi Pencatatan Keuangan

Mencatat pengeluaran dan pemasukkanmu sudah wajib hukumnya, karena dengan begitu kamu bisa mengetahui kemana saja kamu telah menggunakan uangmu. Kalau kamu merasa ribet harus setiap waktu membawa-bawa buku catatan untuk mencatat pengeluaranmu, kamu bisa mengunduh aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia di platform digitalmu. Aplikasi pencatatan keuangan sudah ada dengan berbagai macam desain UI/UX yang semakin memudahkanmu untuk merekam semua transaksi yang telah kamu lakukan loh!


2. Alokasikan Setengah Jumlah Uang Kebutuhan Bulanan Pada Dompet Digital

Jika kamu tinggal di kota besar, tentunya kamu sudah tidak asing lagi menggunakan dompet digital dong? Selain memisahkan pemasukkan uangmu ke dalam beberapa porsi seperti dana kebutuhan, dana darurat dan dana investasi, ada baiknya kamu juga membagi dana kebutuhanmu setengahnya ke dalam dompet digital. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu mengontrol dana kebutuhanmu, sehingga tidak harus merogoh dana darurat untuk keperluan seperti berbelanja sehari-hari atau transportasi.

 

3. Berbelanja Sesuai Kebutuhan di e-commerce

Siapa sih yang tidak suka berbelanja online? Marketplace online telah menjadi primadona di Indonesia beberapa tahun terakhir karena kemudahannya menghadirkan pilihan produk dan transaksi secara online. Tetapi, jangan sampai kamu lupa diri dengan membelanjakan seluruh dana kebutuhanmu atau bahkan seluruh gajimu untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

 

4. Rajin Membuat Pembukuan Secara Digital

Sekilas memang terlihat berat, tetapi kamu tidak perlu membuat pembukuan keuangan yang sangat rinci seperti akuntan kok! Kamu cukup membuat pembukuan standard yang intinya mengarsipkan kembali catatan keuangan digitalmu dalam waktu satu bulan terakhir saja. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui pengeluaran terbesarmu apa saja dalam waktu satu bulan dan jika kamu memiliki target menabung untuk sesuatu, kamu dapat meminimalisir pengeluaran tersebut di bulan berikutnya.

 

5. Investasi Reksa Dana Secara Online

Berbagai varian produk reksa dana dapat menjadi pilihan investasimu. Seiring dengan perkembangan teknologi, berbagai perusahaan sekuritas juga sudah mulai menyediakan aplikasi online untuk investasi reksa dana. Biasanya sudah terdapat fitur untuk membandingkan antar sesama jenis produk reksa dana yang memiliki kemungkinan untung lebih besar sebelum memilih untuk berinvestasi jenis produk reksa dana tertentu.

Setelah memahami berbagai hal tersebut, tentunya mengatur keuanganmu di era digital seperti sekarang ini menjadi semakin mudah. Hal terpenting lainnya yang perlu kamu ingat adalah komitmen dan konsisten terutama soal pencatatan pemasukan dan pengeluaranmu ya.

 

Penulis: Syahzanan Haunan Fatharani

Sumber Gambar: https://pixabay.com/

X

X