Berita

Apa Saja Jenis Investasi yang Aman untuk Wanita?

Artikel Tanggal: Jumat, 08 Maret 2019


Ladies, pasti banyak dari kamu yang ingin berinvestasi tapi bingung dalam memilih produk investasi yang persentase risikonya aman dan return-nya menguntungkan. Sayangnya, banyak perusahaan investasi yang menawarkan dengan menjanjikan return dari investasi yang sangat besar, justru yang harus perlu kamu waspadai. Umumnya, rata-rata return yang diperoleh dari reksa dana tak mungkin lebih dari 50%, misalnya pada reksa dana pasar saham sebesar 10-15% dan reksa dana pendapatan tetap sebesar 8-12%. Tetapi, memang terkadang produk investasi reksa dana kamu dapat melebihi target rata-rata return secara umum tersebut. Oleh karena itu, jangan langsung mempercayai persentase return investasi yang sangat besar begitu saja.


Selain itu, kini, sudah mulai banyak wanita yang melakukan investasi. Dilansir dari detikFinance, hingga tahun 2018, perbandingan antara investor perempuan sebesar 46% dan laki-laki sebesar 54%. Tentunya, hal ini merupakan perkembangan yang sangat signifikan, paling tidak selama lima tahun terakhir, mengingat masih lekatnya stereotip dunia investasi yang dinilai tidak cocok untuk wanita.


Jika kamu merupakan wanita dengan usia produktif, maka memulai investasi dengan reksa dana pasar saham untuk jangka waktu 5-10 tahun merupakan pilihan yang tepat. Hasil investasimu bisa digunakan untuk keperluan pernikahan, sebagai modal memulai bisnis hingga dana pensiun. Selain itu, jika kamu memerlukan hasil investasi untuk jangka waktu dibawah lima tahun, ada reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran. Melalui reksa dana pendapatan tetap, kamu berinvestasi terhadap perubahan suku bunga acuan dari Bank Indonesia terhadap obligasi. Walaupun return investasi reksa dana pendapatan tetap tidak sebesar reksa dana pasar saham, tetapi risikonya cenderung lebih aman untuk kamu.


Reksa dana campuran juga sangat cocok bagi kamu yang ingin tetap mencoba berinvestasi pada pasar saham, pasar uang dan obligasi sekaligus, ladies. Selain risikonya yang tidak besar, kamu juga dapat memperoleh return gabungan tergantung investasi pilihan kamu. Hasil return dari reksa dana pendapatan tetap ataupun reksa dana campuran bisa kamu gunakan sebagai dana darurat ataupun dana pendidikan.


Seperti yang pernah diungkapkan oleh Oprah Winfrey, "Think like a queen. A queen is not afraid to fail. Failure is another stepping stone to greatness." Cermati pilihan reksa dana untuk investasimu, serta jangan pernah takut untuk memilih berinvestasi reksa dana ya, ladies.


Penulis: Syahzanan Haunan Fatharani

Sumber gambar: pixabay.com


X

X