Berita

Kalau Punya Uang 50 Juta Rupiah, Kamu Mau Ngapain?

Artikel Tanggal: Senin, 25 Maret 2019


Berdasarkan data yang dilansir dari BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2018, PDB (Pendapatan Domestik Bruto) Indonesia telah mencapai Rp 13.588,8 triliun. Jika dihitung berdasarkan rata-rata pendapatan per kapita, maka penghasilan penduduk Indonesia tahun 2018 telah mencapai Rp 56 juta per tahun. Tapi, jumlah tersebut masih merupakan hitungan per tahun ya, Sahabat Rendra. Jika dihitung per bulannya, kira-kira sekitar Rp 4,7 juta.

Lalu, gimana kalau tiba-tiba kamu mempunyai uang sebesar Rp 50 juta dalam satu hari? Kira-kira kamu bakal ngapain nih?

Wah, bisa untuk jalan-jalan keliling Indonesia tuh atau bahkan keliling Asia Tenggara. Tapi, kalau kamu bukan tipe orang yang menyukai perjalanan jauh, mungkin kamu lebih memilih untuk berbelanja barang-barang tertentu, seperti luxury goods.

Umumnya orang jika tiba-tiba mendapatkan uang dengan jumlah yang jauh lebih besar dari jumlah penghasilan regulernya akan menjadi konsumtif. Sebenarnya, tidak masalah jika kamu ingin membeli beberapa luxury goods yang kamu inginkan, tetapi, kamu juga harus cerdas mengatur keuangan. Ingat, sebesar apapun penghasilan yang kamu miliki jika tidak diatur akan selalu terasa tidak mencukupi.

Nah, selagi mempunyai jumlah uang yang cukup besar, ada baiknya selain menikmati uang yang dimiliki dengan membelikan sesuatu, kamu juga investasi. Alasannya, tentu saja naiknya nilai tukar uang terhadap suatu barang dan jasa seiring berjalannya waktu atau biasa disebut inflasi. Bisa jadi kamu justru akan menyesal karena ketika mempunyai uang dengan jumlah yang cukup besar pada saat ini tetapi terlalu konsumtif dalam membelanjakan sesuatu. Lalu, ketika biaya hidup sehari-harimu di masa depan jauh lebih mahal, kamu justru kebingungan untuk memenuhi hal tersebut.

Investasi tentunya mempunyai banyak ragamnya, tetapi investasi reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk berinvestasi, karena:

Aman.

Jika kamu ingin investasi saham misalnya, tetapi tidak bisa setiap waktu memantau pergerakan saham, kamu bisa memilih investasi reksa dana saham yang dikelola oleh manajer investasi yang akan membantumu. Sehingga kamu bisa terhindar dari risiko yang lebih besar.

Mudah.

Proses investasi reksa dana saat ini sudah sangat mudah, karena kamu bisa investasi secara online.

Murah.

Kamu bisa investasi reksa dana mulai dari Rp 100.000,- pada berbagai instrumen investasi reksa dana yang ada.

Gimana? Masih bingung investasi? Ya reksa dana aja! Let's having funds!


Penulis: Syahzanan Haunan Fatharani

Sumber Gambar: pixabay.com

X

X