Berita

Ingin Cashflow Sehat? Lakukan 3 Hal ini!

Artikel Tanggal: Rabu, 15 Mei 2019



Pada artikel sebelumnya, kita telah belajar mengenai cara mengelola keuangan dengan membagi-bagi pendapatan ke dalam beberapa pos kebutuhan. Pembagian tersebut merupakan pengetahuan dasar yang harus kita pahami segera setelah memiliki sumber penghasilan sendiri.


(Baca Juga: Saat Baru Gajian, Apa yang Sebaiknya Dilakukan?)


Pertanyaannya, apakah dengan menguasai cara pembagian pendapatan maka kondisi keuangan kita otomatis menjadi baik?


Sayangnya tidak. Meski membantu, pembagian pendapatan sebenarnya hanya berfungsi untuk membatasi diri agar tidak melakukan konsumsi berlebihan. Sementara, cashflow yang sehat tidak bisa diciptakan hanya dengan mengurangi pengeluaran saja. Untuk itu, Sobat Rendra harus mulai melakukan tiga hal ini.

 

1. Jangan bergantung pada satu sumber penghasilan


Warren Buffet, orang terkaya nomor dua di dunia pernah berkata, "Jangan bergantung pada satu sumber pendapatan. Berinvestasilah untuk menciptakan sumber kedua."


Kesalahan kita adalah merasa aman dengan bergantung hanya pada satu mesin. Padahal, tidak ada keharusan logis bahwa mesin tersebut selalu bekerja dengan baik sepanjang kebutuhan kita. Sama seperti ponsel canggih yang didesain untuk mengalami penurunan, satu sumber penghasilan bisa menciptakan masalah di kemudian hari. Tidak ada lagi yang tersisa saat kita terlambat menyadarinya.


Saat kita masih terjebak dalam arus yang sama, beberapa orang telah mulai memanfaatkan teknologi untuk mencari sumber pendapatan lain. Mereka adalah orang-orang yang menyadari bahwa masa depan tidak hanya berada di ruang fisik, tetapi juga ruang digital. Dalam ruang bermain yang tidak terbatas itu, seseorang bisa membawa barang atau jasanya keluar menembus batas-batas wilayah dan memperoleh keuntungan tanpa mengganggu pekerjaan utama mereka.

 

2. Lakukan manajemen keuangan yang baik


Kembali ke peraturan sebelumnya. Saat Sobat Rendra sudah memiliki lebih banyak penghasilan, jangan terlena dan buru-buru mengendurkan ikat pinggang. Buat pengaturan yang tepat untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran Sobat Rendra dengan lebih bijak. Misalnya, dengan memisahkan pendapatan ke dalam dua rekening: kebutuhan sehari-hari dan tabungan.


Konsistenlah dengan anggaran yang telah kalian buat. Jangan tergoda untuk menggunakan uang dari rekening tabungan untuk dipakai konsumsi sehari-hari, meskipun kemampuanmu sudah menjadi lebih tinggi.

 

3. Investasi


Jangan menghabiskan pendapatan kita  untuk hal-hal yang tidak menciptakan perputaran uang. Berinvestasilah di pasar modal untuk memerangi laju inflasi. Jika Sobat Rendra merupakan pemula yang tidak memiliki banyak waktu di rumah, cobalah untuk mulai berinvestasi di reksa dana karena uang yang kita investasikan akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman untuk mendapatkan keuntungan maksimal.


"Jika Anda tidak menemukan cara untuk menghasilkan uang ketika Anda tidur, Anda akan bekerja sampai Anda mati." -Waren Buffet


Penulis: Elva Mustika Rini

Sumber gambar: Unsplash.com/Benchaccounting

 

X

X