Berita

Pentingnya Medical Check Up untuk Kesehatan dan Keuangan di Masa Depan

Artikel Tanggal: Senin, 27 Mei 2019


Sobat Rendra bertanya, apa pentingnya menaruh medical check up dalam prioritas keuangan? Orang biasa akan menjawab: tidak ada pentingnya. Medical check up memerlukan biaya besar yang membuat kita harus berpikir dua kali. Tetapi orang bijak akan berkata bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Rendra paham jika masih banyak dari kita yang enggan melakukan medical check up. Selain karena masalah biaya, mengetahui penyakit yang diam-diam bersemayam dalam tubuh memang seperti mimpi buruk. Kita yang terbiasa menikmati hidup seperti tidak ada hari esok mendadak harus berhati-hati karena potensi penyakit yang telah diketahui.

Tetapi jika mata memang memandang jauh ke depan, mengapa tidak kita coba hadapi risiko mulai dari sekarang? Dengan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi tubuh, kita jadi tahu apa yang boleh dan jangan demi memperkecil risiko penyakit dan pengeluaran yang lebih besar.

Saat suatu masalah bisa dideteksi sejak dini, tindakan preventif seperti mengubah pola hidup bisa lebih cepat diambil. Bayangkan jika masalah kesehatan baru diketahui ketika sudah berkembang menjadi masalah yang lebih besar, sedangkan dana darurat belum cukup untuk membayar biaya pengobatan. Apa yang akan Sobat Rendra lakukan?

Menurut Alodokter, medical check up bisa dilakukan satu kali per enam bulan dengan kisaran biaya Rp300.000-Rp2.500.000. Meski cukup terasa, medical check up bisa dilakukan satu kali dalam kurun waktu yang cukup panjang, sementara pengobatan dilakukan dalam tempo beriringan. Tidak ada jeda dalam pengobatan untuk memperbaiki kondisi finansial.

Melakukan pencegahan untuk tetap sehat memang mahal. Akan tetapi, melakukan pengobatan ketika sakit jauh lebih mahal lagi. Karena itu, jangan tunggu sampai sakit punya peluang untuk menang. Mulai sisihkan sejumlah dana di dalam rekening tabungan untuk melakukan medical check up demi menyelamatkan kesehatan dan keuangan Sobat Rendra di masa depan.


Penulis: Elva Mustika Rini

Sumber gambar: Freepik.com

X

X