Berita

Kenapa Perempuan Harus Mandiri Secara Finansial?

Artikel Tanggal: Senin, 24 Juni 2019



Mungkin, menikah karena ingin hidup serba berkecukupan terdengar seperti cerita dalam sinetron. Padahal, hal ini banyak terjadi di kehidupan nyata, lho, Ladies! Karena silau dengan kekayaan dan tidak ingin bekerja keras, seorang perempuan bisa saja memikirkan pernikahan sebagai bentuk jalan keluar dari masalah finansial. Padahal, hal tersebut sama sekali tidak dapat dibenarkan.


Pernikahan merupakan komitmen seumur hidup yang tidak bisa dilandasi dengan alasan temporer seperti kekayaan. Siapa yang bisa menjamin kalau pasangan yang kita nikahi masih memiliki kekayaan yang sama esok hari? Saat harta tersebut hilang, hanya cinta dan dan rasa hormat yang dapat menguatkan pernikahan kita.


Karena itu, buang jauh-jauh pemikiran untuk menikah karena harta. Jangan sampai pikiran-pikiran tradisional membatasi gerak kita hanya pada urusan domestik saja. Perempuan masa kini harus berdiri di atas kaki sendiri meskipun sudah berkeluarga. Berikut merupakan alasannya!


1. Menjadi Backup Suami

Rumah tangga dapat berjalan dengan baik saat ada kolaborasi dengan pasangan. Mungkin nanti, ada suatu masa di mana seorang suami tidak lagi bisa menjadi "paling" bekerja keras di luar rumah karena masalah yang tidak mungkin dihindari. Pada saat itu, baik istri maupun suami bisa "saling" menjadi sekoci bagi satu sama lain. Istri dapat meringankan masalah finansial di luar rumah, sementara suami dapat membantu tugas istri yang lainnya.


2. Meningkatkan Nilai Diri

Jangan samakan nilai diri dengan perilaku sombong, ya, Ladies! Nilai diri merupakan moral yang dimiliki perempuan saat mereka tidak lagi bergantung pada orang lain. Perempuan seperti ini biasanya memiliki mimpi, aspirasi, dan keputusan yang dapat mereka ambil sendiri untuk menyelesaikan persoalan di berbagai situasi.

 

3. Memajukan Negara

Jumlah angkatan kerja perempuan terus bertambah setiap waktu. Hal ini tentu saja memberi pengaruh positif bagi peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Tidak hanya itu, perempuan yang telah bekerja dan taat membayar pajak juga memberikan sumbangsih besar terhadap pendapatan pemerintah yang nantinya digunakan demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Lebih jauh lagi manfaatnya bila kita bicara soal uang yang mengalir ke badan amal dan investasi, lho, Ladies!

 

4. Menjadi Inspirasi

Sama seperti RA Kartini, seorang perempuan selalu bisa menjadi inspirasi bagi generasi setelahnya saat perempuan tersebut menunjukkan buah karya dan kerja kerasnya. Jika tidak dalam cakupan yang luas, paling tidak, seorang perempuan dapat menjadi role model bagi buah hati mereka kelak.


Penulis: Elva Mustika Rini

Sumber Gambar: Freepik

X

X