Berita

Sneakers, Investasi Anak Muda yang Lebih Untung dari Emas

Artikel Tanggal: Jumat, 28 Juni 2019

Siapa tak kenal sneakers? Sneakers merupakan jenis sepatu yang populer di kalangan anak muda. Konstruksi model beragam dan desain yang bikin kaki nyaman membuat sepatu ini cocok untuk mereka yang memiliki banyak kegiatan.

Bagi sebagian orang, sneakers mungkin hanya alas kaki yang dimiliki sesuai fungsinya. Tetapi bagi para pecinta atau bahkan kolektornya, sneakers memiliki nilai yang lebih besar dari sekadar alas kaki. Sneakers merupakan tren fashion dan citra diri yang lekat dengan gaya hidup masyarakat modern sehingga penting sekali untuk memilih sneakers yang tepat untuk dipakai sehari-hari.

Jadi, jangan heran bila seseorang rela merogoh kocek hingga puluhan juta hanya untuk sepasang sneakers. Mereka yang sudah memahami nilai dari suatu barang memang tidak akan sembarangan memilih barang tersebut. Semua harus nampak sempurna mulai dari merek, material, hingga finishing.

Tentu saja, nilai itu tidak bisa datang dari sembarang sneakers yang beredar di pasaran. Hanya sneakers original yang mampu memenuhi standar tersebut. Beberapa orang bahkan punya standar yang lebih tinggi untuk menilai harga sebuah sneakers. Tak hanya melihat dari desain, sneakers dengan level yang lebih tinggi harus tersedia dalam jumlah terbatas atau limited edition.

Lebih jauh, Adityalogy, brand ambassador Jakarta Sneaker Day berbagi kriteria sneakers yang bernilai tinggi dan cocok dijadikan produk investasi. Menurut Adit, sneakers dengan penjualan terbatas, desain unik, dan kolaborasi dengan tokoh-tokoh terkenal merupakan kriteria yang tepat sebagai aset untuk dimiliki.

"Ya misalnya Nike Air Max 97/1 ini adalah nike 97 lama yang dikolaborasikan dengan satu pemenang desain Nike. Dia mengubah bahannya dan dikeluarkan secara eksklusif di Amerika," ungkapnya, seperti dilansir dari laman Jawa Pos.

Dengan kriteria yang telah disebutkan Aditya, sneakers yang pada awalnya keluar dengan harga Rp2,3 juta di Indonesia sekarang mampu mencapai angka Rp11 juta. Adanya permintaan yang tinggi dibanding ketersediaan yang sedikit membuat harga sneakers bisa melonjak 500-600% dalam waktu yang cukup singkat, bahkan mampu mengalahkan emas.

Tak jauh berbeda dengan Aditya, Rayi 'RAN' mengaku pernah mengecap gurihnya perubahan harga sneakers. Pada 2010, dirinya pernah membeli sneakers di harga Rp3 juta yang tidak masuk akal pada masa itu. Bukannya turun, harga sneakers tersebut malah semakin tidak masuk akal lagi tahun ini, yaitu mencapai Rp25 juta.

"Semakin banyak story-nya, maka semakin mahal harga sneakers itu. Sekarang di dunia, market sneakers sudah seperti market jam. Sudah banyak kolaborasi desainer yang punya nama. Misalnya, keluarnya hanya 100 pasang, tapi pas barang habis di toko harga barang naik karena peminatnya banyak," cerita Rayi, seperti dilansir dari CNBC.

Wajar saja jika orang rela mengeluarkan Rp2 juta untuk sepatu. Sebab bukan tidak mungkin harganya berubah menjadi Rp50 juta beberapa bulan lagi.

Namun, jangan lupa bahwa sneakers merupakan barang yang bisa menurun kualitasnya seiring berjalan waktu. Sneakers yang disimpan lama biasanya akan menguning akibat oksidasi. Karena itu, ada sedikit tips untuk merawat sneakers agar awet dan tetap berharga jual tinggi.

Simpanlah sneakers di ruangan tinggi sirkulasi untuk menghindari lembab. Bahkan saat Sobat Rendra harus melindungi sneakers di tempat tertutup seperti kardus atau lemari, pastikan penempatannya tetap berada di dalam ruangan yang tidak membuat sepatu mudah teroksidasi. Pastikan juga untuk selalu memberi semprotan antilembab.

Terakhir, jangan lupa untuk mengembangkan keuntungan investasi sneakers ke dalam reksa dana untuk tujuan keuangan yang lebih terencana.

Nama Penulis: Elva Mustika Rini
Sumber Gambar: Flickr

X

X