Berita

Alternatif Liburan Seru dan Hemat untuk Anak

Artikel Tanggal: Kamis, 07 November 2019

Alternatif Liburan Seru dan Hemat untuk Anak

 

Liburan bersama keluarga memang menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu oleh si buah hati. Walaupun Anda sibuk bekerja, cobalah untuk meluangkan waktu mengajak anak-anak liburan. Liburan keluarga penting untuk dilakukan selain untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga dan membuat kenangan yang indah, liburan juga memiliki manfaat untuk perkembangan emosi, sosial, psikologi, serta motorik anak.

Pengeluaran yang banyak menjadi penghalang untuk pergi liburan bersama anak-anak? Anda keliru. Liburan tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang besar, lho!Anda bisa mengakalinya dengan melakukan aktivitas liburan yang kreatif dan seru dengan biaya yang minim.  Berikut beberapa rekomendasi liburan anak yang ramah kantong.

1.    Camping di Halaman Rumah
Saat camping, banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anak. Awali dengan mengajaknya untuk membangun tenda dan menggelar tikar bersama-sama. Hal itu akan mengajarkan anak untuk saling membantu dan bekerja sama. Jangan lupa untuk membawa snack dan mainan yang sekiranya bisa dilakukan bersama-sama seperti puzzle atau board game. Ciptakan momen yang menyenangkan dan tidak terlupakan oleh anak-anak. Anda bisa mengajaknya untuk saling bercerita atau bernyanyi bersama. Banyak keuntungan dengan melakukan camping di halaman rumah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat dan transportasi. Ide bagus bukan?

2.    Movie Time dengan Menggunakan Kostum
Buatlah list film anak-anak dan kasih kesempatan si kecil untuk memilih film yang akan ditonton bersama keluarga. Hal itu pasti akan meningkatkan rasa semangatnya. Sulap ruangan yang akan Anda gunakan untuk menonton menjadi layaknya ruangan home theater sungguhan,jangan lupa sediakan popcorn serta kudapan lainnya. Agar suasana lebih menyenangkan, ajak si kecil untuk menggunakan kostum lucu atau kostum yang sesuai dengan karakter dalam film yang akan ditonton. Dijamin, walaupun hanya menonton dirumah, anak tidak merasa bosan.

3.    Memasak Bersama dan Piknik ke Taman Kota
Memasak bisa menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengisi kegiatan liburan bersama buah hati. Tak perlu memasak makanan yang sulit, buatlah makanan praktis agar si kecil bisa ikut andil membuat makanan tersebut. Kemudian ajak si kecil untuk piknik ke Taman Kota dengan membawa bekal makanan yang sudah dibuat bersama. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi keluar biaya untuk makan diluar.

4.    Tamasya ke Kota Tua
Banyak kegiatan seru jika Anda pergi ke Kota Tua. Anda bisa mengajak si kecil keliling museum untuk menambah pengetahuannya. Tiket masuknya masih terjangkau kok, tidak sampai Rp 10.000. Selain itu, ada banyak pertunjukkan yang dipertontonkan di sekitar jalan Kota Tua. Mulai dari aksi seniman melukis siluet, atraksi topeng monyet, atraksi boneka tali, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menemukan manusia patung yang memermak dirinya seperti tokoh-tokoh pada zaman dahulu yang menarik untuk Anda ajak berfoto bersama si kecil. Menarik bukan?

Nah, dengan ini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengajak anak-anak liburan saat kondisi keuangan sedang tidak bersahabat. Sebenarnya hal yang paling dibutuhkan anak adalah waktu serta perhatian dari orang tuanya. Lebih baik, uang yang tersisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Keuntungan yang Anda dapatkan di kemudian hari bisa Anda gunakan untuk biaya pendidikan anak atau liburan yang lebih mewah.

Penulis: Gracia Yona
Sumber Gambar: Freepik.com



X

X