Berita

Tips Persiapan Finansial Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Artikel Tanggal: Kamis, 18 Juni 2020


Setiap rencana apa pun untuk hidupmu di hari depan sudah seharusnya dipersiapkan dengan matang agar kelak dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Sama halnya saat kamu memutuskan untuk menikah, banyak hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, karena sejatinya kamu menikah untuk meraih kebahagiaan, jangan sampai yang terjadi malah sebaliknya karena kurangnya perencanaan sebelum menikah. 


Kamu harus ingat, di balik pernikahan, ada dua insan yang mungkin memiliki prinsip dan kebiasaan berbeda, menyatukan diri dan berusaha berjalan beriringan sepanjang sisa hidupnya. Jadi, kamu tidak bisa lagi memikirkan dirimu sendiri saja bila memutuskan untuk menikah, termasuk dalam hal finansial. Untuk itu, berikut persiapan finansial yang harus kamu lakukan bersama pasanganmu saat memutuskan untuk menikah.


Tentukan Dana Apa Saja yang Akan Dibutuhkan

Jika sudah memutuskan untuk menikah bersama pasangan, kamu harus mulai mendiskusikan dana apa saja yang akan kamu butuhkan nanti, seperti dana untuk menikah, membeli rumah bila ingin, melahirkan, asuransi, pendidikan anak, mempersiapkan dana darurat, bahkan dana pensiun kelak. Semua harus kamu persiapkan jauh-jauh hari agar kamu dan pasangan bisa menabung terlebih dahulu dan kelak tidak perlu terjadi pertengkaran karena masalah finansial. 

Kamu bisa memulai dari melakukan survei mengenai harga-harga untuk setiap keperluannya, seperti untuk menikah. Jangan lupa perhitungkan juga inflasi yang membuat akan semakin mahalnya biaya di waktu ke depan. Untuk itu, kamu juga perlu tetapkan juga berapa lama jangka waktu yang kamu dan pasangamu inginkan dalam mewujudkan pernikahan kalian.


Diskusikan Pengelolaan Keuangan Bersama

Mulailah terbuka dengan pasanganmu jika kalian ingin membangun kehidupan bersama. Terbuka dengan penghasilan, tabungan, dan utang yang kamu miliki. Begitu juga dengan pasanganmu, mintalah ia terbuka. Dengan begitu, kamu dan pasanganmu bisa mulai mendiskusikan pengelolaan keuangan setiap bulan untuk ke depannya, seperti berapa persen dari penghasilan kalian yang akan ditabung bersama, saling mengingatkan untuk mulai mengurangi dana hiburan bila ingin mencapai tujuan bersama. 

Impian bersama tentu akan tercapai jika kedua belah pihak sama-sama mengerti pengorbanan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya dan sama-sama mau menaati kesepakatan yang telah dibuat. Hitung-hitung, cara ini untuk melatih kekompakan kalian dalam menyusun rencana keuangan agar saat menikah nanti sudah lebih terbiasa.


Mengelola Tabungan Bersama dan Berinvestasi

“Aku dan pasangan berencana menikah 4 tahun lagi. Setelah evaluasi pengeluaran, tiap bulan kami bisa nabung Rp5 juta. Tapi setelah survei, buat perencanaan, dan hitung-hitung biaya gedung, katering, cetak undangan, dokumentasi, seserahan, sewa baju nikah, dan lain-lain, kira-kira butuh Rp300 juta. Kalo dihitung-hitung nabung Rp5 juta dalam 4 tahun bisa terkumpul Rp240 juta, masih kurang Rp60 juta.”

Inilah sebabnya kenapa kamu harus merencanakan keuangan sejak dini bersama pasangan, karena biaya-biaya yang memang serba mahal dan butuh waktu yang panjang untuk mengumpulkannya. Jika menabung di bank saja masih tidak cukup, tentu soluasinya adalah menabung di reksa dana. Mari hitung! Jika kamu berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap setiap bulan dengan dana Rp5.000.000. Dalam 4 tahun dengan potensi return 12%, kamu bisa memperoleh Rp306.000.000* dan mewujudkan mimpimu untuk menikah. Bukannya kurang, malah lebih, kan?


Ini baru untuk menikah, belum lagi untuk keperluan membeli rumah dan biaya-biaya yang telah disebutkan di awal tulisan ini. Yakin, masih mau bersantai-santai saja dan menganggap “terlalu dini untuk mikir ke situ”? Ini semua untuk kebahagiaan kamu dan keluargamu kelak, lho! Agar anak-anakmu nanti bisa hidup sejahtera karena orang tuanya sudah mempersiapkan kehidupan mereka sejak jauh hari.


Nah, sekarang kamu sudah bisa bayangkan kan manfaat mempersiapkan finansial bersama pasanganmu sejak dini, saat memutuskan untuk menikah? Jadi, mulai sekarang, ajak pasanganmu untuk mendiskusikan hal ini. Jika kalian memiliki satu visi ke depan, pasti segala sesuatunya bisa terealisasikan dengan baik kok!


*Hasil dihitung menggunakan kalkulator investasi POEMS ProFunds. Investasi reksa dana tidak memiliki angka return yang pasti. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa mendatang.


X

X