Artikel - Ahli

Instrumen Investasi Apa yang Tepat Untuk Pendidikan Anak?

Artikel Tanggal: Rabu, 04 Januari 2017




Pertanyaan : 
Salam kenal Pak Eko yang baik, saya ibu rumah tangga berusia 28 tahun dengan 1 orang puteri. Selain sebagai ibu rumah tangga, saya juga bekerja sebagai PNS di daerah saya. Selama ini kami hidup berkecukupan, semua kebutuhan harian dan bulanan bisa terpenuhi dari gaji suami saya yang bekerja di salah satu bank swasta. Nah saya berpikiran untuk menginvestasikan uang gaji saya khususnya untuk pendidikan anak kami. Saya berpikir tentang emas. Bagaimana menurut bapak? Apakah emas cukup baik ? Atau ada usul lain ? Terima kasih untuk kesediaannya menjawab.

Destiana (funlife03@yahoo.com) 

Jawaban : 

Ibu Destiana yang baik, 

ada beragam produk investasi, kalau ibu membaca artikel saya di reksadanaku.com, maka ibu akan lihat bahwa produk seperti emas, properti atau deposito dan sebagainya adalah alat untuk mencapai tujuan Anda. Jadi ketika Anda punya tujuan yang ingin dicapai maka alat yang benar menjadi kunci tercapainya tujuan tadi. 

Nah untuk pendidikan anak, perlu ibu tahu bahwa kenaikan biaya pendidikan di indonesia sekitar 10-12%. Kalau begitu, alat yang tepat untuk mencapainya adalah yang bisa memberi sama atau lebih besar dari 10-12%. 

Emas bisa karena secara historis bisa memberi hasil rata-rata sekitar 10% per tahun. Selain itu ibu bisa menggunakan reksadana saham bila tujuannya masih lama karena reksadana saham memberi hasil rata-rata sampai 20% secara historis. Properti juga bisa, begitu juga saham. Nah tinggal ibu pilih saja mana yang sesuai dengan risiko ibu. artinya produk yang ibu yakin telah kenal dan nyaman untuk berinvestasi. 


Semoga menjawab dan segera mulai agar tidak terlambat. 


---


Ingin berkonsultasi perihal keuangan Anda? Konsultasikan kepada Eko Endarto, RFA mengenai perencanaan keuangan pribadi maupun keluarga. Silahkan tulis pertanyaan Anda melalui form di link berikut.

X