Artikel - Ahli

Upah Di Atas UMR Sedikit dan Memiliki Utang, Bagaimana Mengelola Keuangannya?

Artikel Tanggal: Rabu, 18 Januari 2017



Pertanyaan:


Dear Mr. Eko, saya dulu seorang pengusaha, sekarang karena usaha kurang lancar, saya terpaksa bekerja kembali dengan upah yang sedikit lebih besar dari UMR, sedangkan saya sudah menikah. Bagaimana cara terbaik untuk bisa mengelola keuangan yang minim ini? Sementara saya harus menanggung hutang usaha yang tidak sedikit, lebih besar sedikit dari upah. Apa kira-kira saran Mr. Eko untuk bisa membantu saya mengelola keuangan yang super minim ini? Thx.


David (sipahutardavid@yahoo.com) 


Jawaban:


Pak David yang terhormat, 


Saya ikut sedih dengan kondisi Anda, tapi saya juga bangga karena Anda tidak terlena dengan kesedihan dan kegagalan. Saat ini anda kembali sebagai pekerja dan dengan penghasilan yang menurut Anda tidak cukup untuk digunakan bagi kebutuhan Anda. 


Sebenarnya Pak David, ngga akan pernah ada kata cukup di penghasilan kalau kita tidak meyakini diri kita bahwa penghasilan kita cukup. Artinya Anda harus yakin dulu bahwa penghasilan akan cukup maka pengelolaan akan menjadi lebih mudah. Karena penghasilan bersifat terbatas, maka kita harus buat prioritas agar penghasilan bisa mencukupi semuanya. Saran saya Anda sebaiknya alokasikan sebesar 30% dari penghasilan untuk cicilan utang, 10% usahakan untuk investasi, 10% ada untuk proteksi dan sisanya untuk konsumsi. Dengan demikian hasil 100% akan digunakan 100% juga.


Bagaimana bila ternyata cicilan utang saya sudah lebih dari 30% penghasilan? Saatnya untuk Anda melakukan tindakan untuk mengurangi besarnya cicilan agar keuangan anda kembali normal dan ideal. Misalnya dengan meminta keringanan, restrukturisasi besaran utang dan lain sebagainya. 


Saya harus jujur ini tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Saran saya mulai bulan depan coba lakukan, dan terus jalankan maka kita akan bisa melihat hasil positifnya. 


Kontributor dari Pojok Ahli adalah Eko Endarto RFA, seorang perencana keuangan yang merupakan founder dari Finansia Consulting. Punya pertanyaan seputar investasi, perencanaan keuangan atau reksa dana? Silahkan kirimkan pertanyaan Anda lewat link ini.


Berinvestasi kini jauh lebih mudah dengan investasi reksa dana. Bagaimana cara memulainya? Ayo cek di sini atau jelajahi  yuk.

X