Artikel - Ahli

Berkah Ramadhan

Artikel Tanggal: Jumat, 16 Juni 2017


Hi.. apa kabar semua, saat artikel ini saya tulis, kita sudah memasuki hari ke 13 bulan Ramadan. Seperti biasanya, saat Ramadan saya sering sekali mendapatkan telepon atau email dari beberapa media baik online maupun print untuk diminta pendapatnya tentang bulan yang penuh berkah ini. Ada yang bertanya tentang bagaimana mengelola uang saat Ramadan, mempersiapkan dana untuk lebaran, sampai dengan yang sudah pasti ditunggu yaitu THR.


Sangat menarik memang bulan Ramadan ini, dan jujur saja agak aneh karena disaat aktivitas seseorang menurun karena diwajibkan untuk menahan nafsu makan dan minum, namun saat itupula pengeluaran ternyata tidak otomatis menurun tapi beberapa orang mengatakan pengeluarannya malah bertambah. Aneh.. ya..


Saya ngga akan membahas tentang bagaimana cara mengelola saat ini, tapi saya ingin share tentang bagaimana kita bisa mendapatkan berkah dari bulan yang suci ini yaitu dengan berinvestasi..


Investasi saat Ramadan, kok bisa?

Nah pertanyaan lanjutannya adalah kenapa investasi? Karena saat Ramadan seperti ini seharusnya kita mendapatkan kesempatan untuk bisa melakukannya karena ada sejumlah dana yang bisa dialokasikan. Kok bisa? Sederhana saja; seperti saya tulis di atas, ketika kita tidak beraktifitas terlalu berlebih di siang hari, tidak ada pengeluaran untuk makan dan minum, tidak ada kegiatan cuci mata yang berakibat membawa pulang barang konsumtif, maka seharusnya kita memiliki sejumlah dana untuk dialokasikan ke prioritas lain yaitu investasi.


Yuk coba kita hitung. Katakan bila saja kita biasanya makan siang dan menghasbiskan dana Rp.50.000 rata-rata per hari, maka selama 30 hari Ramadan kita akan mendapatkan dana Rp.1.500.000,- dan bila biasanya kita tiap minggu jalan bersama keluarga atau katakan kita menghabiskan weekend dengan jalan-jalan dan mengeluarkan dana rata-rata Rp.500.000,- maka untuk 4 minggu menahan nafsu jalan-jalan tadi kita mendapatkan dana tambahan Rp.2.000.000,- ditambah lagi, misalnya kebiasaan kita untuk membeli camilan tiap sore sebelum pulang kantor  yang menghabiskan Rp.25.000,- tiap 3 hari sekali dan katakan selama Ramadan tidak dilakukan, maka ada tambahan lagi sebesar Rp.250.000,- sehingga kalau kita coba hitung seharusnya ada berkah Ramadan sebesar Rp.4 juta selama Ramadan. Cukup besar kan ya kalau kita mau berhitung ? Itu angka minimum pula…


Tapi kenapa hal itu tidak terjadi? Sederhana karena kita menganggap siang hari saat Ramadan adalah saat menahan nafsu dan ketika berbuka adalah saat balas dendam karena kita tidak boleh makan-minum dan menahan nafsu tadi. Jadi ada yang salah sebenarnya pada diri kita saat memandang Ramadan. Seharusnya memberi berkah namun malah menjadi bulan penuh boros.. semoga bukan Anda ya…


2 jenis Investasi

Katakanlah, kita berasumsi menjalankan bulan Ramadan dengan benar dan bisa mengumpulkan dana seperti yang kita hitung di atas, maka akan ada dana Rp.4 juta yang siap diinvestasikan. Nah investasi seperti apa? Disinilah sebenarnya berkah Ramadan tadi bisa kita nikmati. Saat Ramadan adalah saat dimana investasi kita dinilai lebih tinggi. Ada 2 jenis investasi di bulan Ramadan yaitu Rohani dan duniawi. Untuk rohani kita bisa membagi dana yang kita kumpulkan tadi misalnya 50% untuk zakat dan sisanya untuk duniawi. Sehingga Rp.2 juta bisa masuk zakat sebagai investasi masa depan khususnya akhirat dan sisanya bisa masuk ke reksadana atau membeli saham sebagai sarana investasi duniawi. Ada banyak produk reksadana syariah (lihat www.poems.co.id)  yang bisa Anda ambil sebagai sarana investasi duniawi. Dengan demikian akan lengkaplah berkah Ramadan Anda tahun ini yaitu akhirat dan duniawi.

 


Selamat Mengambil Berkah Ramadan. 
X

Featured Post


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


X