Artikel - Ahli

4 Trik Awal Memulai Investasi

Artikel Tanggal: Selasa, 10 Oktober 2017


Investasi tidak akan lepas dari bayangan risiko. Seorang investor normal pasti menjadikan risiko sebagai pertimbangan untuk bertindak dalam menghambil keputusan. Masalahnya, saat ini pilihan untuk tidak melakukan investasi sering menjadi pilihan yang bahkan lebih berisiko dibandingkan dengan melakukan investasi dengan segala risikonya. Peningkatan penghasilan yang terbatas, inflasi dan tujuan-tujuan keuangan yang semakin kompleks menjadikan investasi sebagai jalan keluar terbaik meski dengan konsekuensi risiko.

Dengan kesadaran tadi, tidak mengherankan keinginan untuk melakukan investasi selalu ada, namun untuk memulainya sering tidak terlaksana karena ketakukan pada  risiko tadi. Untuk itu, 4 trik ini mungkin bisa sebagai langkah awal petimbangan untuk memulai investasi kita.


Pilih Yang Paling Dipahami

Ada banyak produk investasi dengan segala tawaran manisnya. Namun sering terjadi tawaran manis tadi diikuti dengan kegagalan yang dialami oleh investor. Karenanya mengenal dengan baik produk menjadi suatu langkan awal. Tidak perlu menjadi seorang ahli, sekedar mengetahui cara kerja produk, risiko terburuk yang bisa terjadi dan informasi transparan plus jujur menjadi penting. Dengan mengerti dan mengetahui semua hal tadi kita bisa tahu seberapa siap kita memulai investasi.


Ketahui Dasar Melakukan Investasi

Untuk apa kita sisihkan uang kita melalui investasi? Harusnya pertanyaan ini menjadi dasar sebelum kita berinvestasi. Ada tujuan yang bisa dicapai dengan investasi, ada juga yang tidak memerlukan investasi. Sehingga tujuan dasar kita menjadi pendorong  untuk memilih dan memulai investasi sebagai jalan pencapaian tujuan. Biaya pendidikan anak yang tinggi sebagai contoh, sudah seharusnya dikejar dengan investasi.


Diversifikasi

Agak sedikit berteori, bila risiko menjadi kendala kita untuk memulai investasi, maka memperkecil risiko adalah jalan agar Anda mau memulai investasi. Diversifikasi atau mudahnya dijelaskan sebagai pencampuran beragam bentuk investasi dengan beragam tingkat risiko adalah jalan aman untuk mengurangi risiko. Dengan beragamnya produk dan tingkat risiko menjadikan risiko secara keseluruhan investasi kita menjadi mengecil. Misalnya selain deposito, jangan lupakan reksa dana saham, emas atau properti sebagai kumpulan produk investasi kita. Sehingga saat bunga deposito turun, kita bisa tertolong oleh reksa dana atau emas misalnya. Begitu juga sebaliknya. 


Tempat Yang Mendidik

Saat ini mendapatkan produk investasi bisa dilakukan dimana saja dan tidak harus di lembaga keuangan atau di perusahaan penerbit produk. Membeli emas tidak harus selalu di Antam. Mendapatkan reksa dana tidak lagi harus melalui manajer investasi penerbit atau bank karena saat ini banyak tempat lain yang bisa menjual produk investasi. Namun harus kita ingat sebaiknya jangan membeli produk tadi di tempat yang hanya fokus menjual tanpa memberikan edukasi pemahaman tentang produk tadi secara lengkap. Investasi adalah perjalanan jangka panjang, maka pastinya banyak aturan atau pengetahuan yang berubah sepanjang perjalanan investasi kita. Dengan memilih tempat penjualan produk investasi yang juga membantu kita mengerti dengan dalam tujuan investasi dan produk untuk mencapainya, maka selain mendapatkan hasil secara materi dari kenaikan hasil investasi, kita juga bertambah secara ilmu yang akan berguna untuk keputusan investasi selanjutnya.


Di www.reksadanaku.com, kita bukan sekedar mendapatkan tempat untuk berinvestasi, tapi juga tempat untuk belajar banyak dan sarana awal untuk melakukan investasi. Menghindar dari risiko itu penting, namun tidak mengambil risiko adalah salah satu risiko negatif yang harus siap kita terima. Memulai untuk mengelola risiko dengan berani melangkah untuk berinvestasi secara benar adalah kunci kesuksesan kita mencapai tujuan keuangan.

X

Featured Post


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


Berkah Ramadhan

Jumat, 16 Juni 2017


X