Artikel - Ahli

Investasi Terbaik di Tahun 2018

Artikel Tanggal: Senin, 11 Desember 2017


Tanpa terasa akhir 2017 sedang kita jalani. Artikel ini dibuat ketika kita tinggal melalui kurang dari 20 hari perjalanan tahun 2017. Seperti biasa, tema paling “joss” yang sering ditanyakan oleh orang yang meminta pendapat saya baik itu wartawan, reporter radio atau TV dan tidak ketinggalan peserta seminar atau klien adalah "apa sih investasi terbaik di tahun 2018…?"


Karena pembaca www.reksadanaku.com adalah juga orang spesial bagi saya, maka saya akan memberi informasi terbaik ini khusus bagi para pembaca portal ini sebelum saya membaginya keada orang atau pihak lain.

 

Kiat Sukses Berinvestasi

Ok, kita mulai. Sebelum kita bongkar investasi terbaik di tahun 2018, maka ada baiknya kita bahas dulu bagaimana kiat sukses berinvestasi. Kenapa saya memulainya dengan kiat? Karena percuma kita berinvestasi tapi tidak mengetahui dengan pasti strategy yang akan kita lakukan. Istilahnya bila kita sebagai pelatih klub sepakbola, adalah hal yang percuma bila kita ingin membeli pemain terhebat tapi tidak tahu bagaimana memberdayakan mereka, bagaimana memaksimalkan potensinya dan tentunya mengatur agar bisa mencapai tujuan kita.

Nah kiat ini penting sebagai dasar agar bisa berhasil dengan investasi kita kelak.


1. Sisihkan jangan sisakan

Mulai dengan dasar yaitu sisihkan jangan sisakan. Berinvestasi harus dimulai dengan niat untuk mengalokasikan dana kita untuk masa depan. Jadi bila kita memiliki penghasilan maka harus disisihkan dari penghasilan yang ada. Sisih sifatnya di depan bukan dibelakang.


2. Fokus ke hasil

Investasi adalah pengeluaran saat ini untuk masa depan. Jadi hasil tidak akan diketahui di awal. Berbeda dengan utang, kita sudah tahu bahwa di akhir cerita lunas utang adalah jawaban akhir. Karena untuk mencapai akhir ada proses yang harus dilewati dan bisa jadi ada goncangan yang menghambat, maka jangan sampai hambatan jangka pendek menghancurkan jangka panjang. Karenanya fokuslah ke tujuan jangan terpengaruh dengan goncangan jangka pendek.


3. Komitmen

Terakhir adalah komitmen. Ketika kita berbicara masa depan yang tidak pasti dan proses yang bisa jadi panjang, maka komitmen menjadi hal penting untuk menguji kesungguhan kita. Bila kita memang ingin mendapatkan hasil bagus maka komitmenlah untuk mejalani prosesnya dengan tekun dan benar.

 

Jadi apa investasi terbaik di tahun 2018…?

Ok, kita sampai ke puncak acara yaitu investasi apa yang terbaik di tahun 2018? Apakah saham yang tahun 2017 telah menyentuh angka 6000-an? Atau emas yang harga di Desember tahun 2017 sudah lebih dari 600? Atau bisa juga property yang “katanya” kalau untuk mendapatkan hasil 50% saja ngga sulit? Bisa jadi reksadana yang akhir tahun 2017 juga ikut berkontribusi positif di investasi. Atau malah produk lainnya?


Untuk menjawabnya, saya ingin memberikan ilustrasi. Seorang anak SD mengikuti sebuah kejuaraan cerdas cermat antar sekolah. Karena memang dia bukan seorang bintang di sekolahnya sementara si bintang sekolah tidak berani kut karena takut kalah, maka singkat cerita dia mendapatkan hasil juara III. si bintang sekolah yang tidak berani ikut dalam kompetisi tadi selalu mengejek si anak yang juara tadi dengan mengatakan seandainya dia ikut, pasti dia akan menjadi juara I.


Dengan illustrasi di atas, menurut Anda mana yang berhasil apakah yang juara III dan benar-benar juara atau di bintang sekolah yang seandainya dia ikut akan menjadi juara I ?


Kalau saya mengatakan yang berhasil adalah si Juara III, karena dia mewujudkan juara itu sedangkan si bintang sekolah hanya bermimpi dan memiliki angan-angan tinggi tapi tidak mewujudkan mimpinya. Sama dengan investasi, hasil terbaik adalah ketika kita memulai investasinya bukan hanya sekedar tanya dan terus bertanya akhirnya tidak maju-maju dan berinvestasi. Banyak dari kita selalu bertanya mana yang terbaik tapi kenyataannya tidak memilih sama sekali karena selalu ada saja sisi negative dari produk pilihannya. Sehingga selama tahun 2017 dirinya tidak investasi sama sekali dan akibatnya dia dirugikan karena dana yang dimiliki tergerus oleh inflasi.


Jadi untuk menjawab investasi apa yang terbaik di tahun 2018…..? 

Jawaban saya sederhana, investasi terbaik tahun 2018 adalah investasi yang kita lakukan sesuai dengan kiat sukses di atas. Apapun produknya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Bila kita memilih maka kita bisa jadi mendapatkan kekurangannya atau kelebihannya. Namun bila tidak memilih, maka kita pasti kehilangan kelebihan dari produk tadi.


Di beberapa sekuritas ada banyak produk investasi dalam bentuk reksa dana atau produk saham bisa kita jadikan alternatif. Memang keduanya pasti ada kekurangan tapi mereka juga memiliki kelebihan dibandingkan dana kita hanya sekedar kita simpan atau tabung.


Untuk 2018, Anda boleh pilih, memulai untuk mengejar ketertinggalan Anda atau kembali seperti tahun 2017 yang hanya bertanya dan terus bertanya tapi tidak ada action sama sekali..

 

Selamat Tahun Baru 2018…

X

Featured Post


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


X