Artikel - Ahli

Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Artikel Tanggal: Selasa, 20 Februari 2018



Pensiun merupakan tahapan yang harus disiapkan dalam perencanaan masa depan. Masa pensiun seseorang karyawan ternyata tidak jauh beda waktunya dengan saat dirinya bekerja namun dengan kondisi yang sangat tidak sama. Sebagai contoh, seorang masuk dunia kerja mungkin setelah dia lulus dari universitas katakan berusia 24 tahun. Bila usia pensiun saat ini adalah 55 tahun rata-rata, maka ada 31 tahun yang dihabiskan untuk bekerja. Nah sekarang setelah 55. Usia rata-rata hidup orang Indonesia saat ini adalah sekitar 70 tahun saat ini. Jadi masa pensiun dihabiskan selama 15 tahun. Jadi dengan waktu mencari 31 tahun dan pensiun 15 tahun, sebenarnya bukanlah waktu yang berbeda jauh, mengingat perbedaan kondisi yang sangat bertolak belakang dari sisi kesehatan, kemampuan kerja, penghasilan dan bisa jadi biaya.

Nah, karenanya keuangan pensiun menjadi hal penting yang harus disiapkan dalam perencanaan keuangan.

 

Persiapan dan Pengelolaan

Seperti yang sudah diutarakan di atas, ada 2 fase waktu dalam pensiun yaitu sebelum masuk masa pensiun dan setelah masuk masa pensiun. Untuk diingat, perbedaan fase tadi bukan angka atau usia 55. Sebab sebenarnya terdapat fase penyesuaian yang waktunya adalah 5 tahun sebelum pensiun. Jadi kalau kita bagi dengan rinci, maka ada waktu persiapan pensiun usia 24 – 50, kemudian penyesuaian usia 50-55 dan kemudian pensiun >55.

Nah dalam hal keuangan pensiun, terdapat perbedaan yang sama, khususnya untuk persiapan dan setelah pensiun. Saat usia 24-50 disebut dengan persiapan keuangan pensiun sedangkan > 50 berbicara dan membahas tentang pengelolaan saat pensiun. Keduanya juga memiliki tujuan yang berbeda. Bila yang pertama bertujuan bagaimana mencapai sedangkan yang kedua berbicara bagaimana mempertahankan agar bisa digunakan.

Banyak orang menganggap hal ini sama, padahal sangat berbeda sama sekali baik itu strategi, cara dan juga pasti produk yang harus digunakan untuk kedua tujuan tadi.


Produk Persiapan, Produk Pengelolaan

Seperti diungkapkan di atas, tahapan persiapan memiliki perbedaan dengan tahapan pengelolaan. Bila persiapan kita akan berencana untuk mengejar bagaimana mencapainya maka saat pengelolaan kita akan berusaha untuk mempertahankan agar bisa menggunakannya lebih lama. Dengan kriteria tersebut, maka untuk pencapaian atau produk untuk persiapan pensiun, hasil maksimal adalah syarat yang harus dimiliki oleh produk tersebut. Saham, reksa dana saham, reksa dana campuran dan properti adalah beberapa produk dengan ciri tersebut. Sedangkan untuk pengelolaan dimana keamanan dana dan likuiditas menjadi syarat, reksadana pendapatan tetap yang dikombinasikan dengan reksa dana pasar uang dan deposito bisa sebagai sarana untuk mempertahankan dana agar bisa digunakan optimal selama kita pensiun.



Nah di agen penjual reksa dana, kita bisa mendapati semua produk di atas. Reksa dana saham, campuran untuk persiapan dan pasar uang plus pendapatan tetap untuk pengelolaan bisa kita pilih sesuai tujuannya. Jadi jangan tunda lagi. Ketahui posisi Anda apakah dalam kondisi persiapan atau pengelolaan…

X

Featured Post


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


Berkah Ramadhan

Jumat, 16 Juni 2017


Reksa Dana Sebaiknya Beli Dimana ?

Jumat, 26 Mei 2017


Tips Menggunakan Reksa Dana Sebagai Sarana Investasi

Kamis, 16 Maret 2017


X