Artikel - Ahli

Memilih Wakil . . .

Artikel Tanggal: Jumat, 10 Agustus 2018


Beberapa minggu ini kita dihebohkan mengenai perpolitikan khsususnya wakil presiden. Calon presiden sudah ada, namun ternyata wakil menjadi hal penting yang harus menjadi pertimbangan presiden dan kubu pendukung untuk mencapai kesuksesan mencapai tujuan. 

Kita tidak akan membicarakan dan membahas tentang politik di www.reksadanaku.com. Namun kita boleh menganalogikan pemilihan wakil presiden seperti kita memilih alat investasi yang membantu kita untuk mencapai tujuan. 

Seorang wakil diharapkan bisa membantu meringankan pekerjaan dari yang diwakilinya. Nah, reksadana sejatinya juga berperan sama, yaitu mewakili yang diwakili yaitu investor untuk mencapai tujuannya. Itulah perbedaan jelas antara kita membeli reksadana melaui manajer investasi dengan kita membeli properti, investasi di saham atau bahkan membuka bisnis sendiri. Sebab di reksa dana, manajer investasi adalah wakil investor dalam mencapai tujuannya. Manajer investasi melalui reksa dana racikannya berusaha untuk memaksimalkan kesejahteraan dari investor yang diwakilinya. 


Wakil seperti apa yang cocok ?

Ketika tulisan ini turun, sepertinya wakil presiden dari kubu yang akan  bertarung sudah terpilih. Siapapun itu, pastilah sudah dengan pertimbangan masak dari si calon presiden sehingga yakin tujuannya akan tercapai bila ia dan wakilnya melakukan kerja bersama. 

Sebagai investor, Anda harus berpikiran sama. Bagaimana si manajer investasi sebagai wakil Anda bisa bersama-sama mencapai keberhasilan ?

1. Tujuan masa depan

Dimulai dengan menyamakan visi dan misi untuk mencapai tujuan. Seorang presiden dalam memilih wakilnya, pasti akan menanyakan apakah si wakil memiliki visi dan misi yang sama dalam mencapai tujuan. Bagaimanapun tujuan ditetapkan oleh si presiden sebagai pemegang kekuasaan dan tanggung jawab, namun sang wakil harus memiliki visi dan misi yang sama untuk membantu mencapainya. Nah dalam berinvestasi pernahkah kita membicarakan tujuan kita dengan manajer investasi kita? Apakah kita yakin mereka bekerja dengan tujuan yang sama dengan kita? Misalnya, ketika kita berinvestasi memang keuntungan atau hasil adalah yang utama, tapi tidak harus dengan cara yang tidak sesuai dengan keyakina kita kan? Nah, itulah kenapa ada reksa dana syariah sebagai sarana. Atau selain hasil Anda butuh dampak social, maka ada juga reksa dana yang basisnya sosial dan berwawasan lingkungan. 


2. Rekam jejak dan sejarah historis

Memiliki wakil yang memiliki rekam jejak baik adalah nilai lebih yang bisa membantu kita lebih mudah mencapai tujuan. Manajer investasi sebagai wakil Anda juga memiliki rekam jejak pekerjaan dan prestasi. Waktu 3-5 tahun adalah waktu yang baik untuk menilai apakah manajer investasi tadi memiliki rekam jejak yang cukup bisa diandalkan atau tidak. Kenaikan NAB, pemilihan asset kelolaan dan jumlah dana kelolaan maupun jumlah nasabah bisa sebagai dasar pertimbangan pemilihan wakil investasi Anda. 


3. Terbuka dan bisa dipercaya

Seorang pemimpin mengharapkan wakilnya untuk dapat dipercaya sehingga si pemimpin bisa dengan yakin dan nyaman untuk mengejar tujuan yang ingin dicapai. Tujuan besar pemimpin tadi harus bisa diwujudkan oleh dirinya bersama dengan pasangan wakilnya. Sehingga keterbukaan dan saling percaya diantara mereka berdua sangat penting. Sama dengan Anda sebagai investor dan manajer Investasi Anda. Kepercayaan penuh bahwa sang wakil tidak akan menghianati Anda perlu dibangun. Perjalanan mencapai tujuan mungkin membutuhkan waktu lama dan berliku. Namun keyakinan dan kepercayaan mengalahkan tantangan itu. Keterbukaan adalah sisi lain yang sebaiknya diwujudkan melalui kepercayaan tadi. Keterbukaan investor atas tujuan yang ingin diperoleh, keterbukaan risiko yang mungkin terjadi terpapar jelas oleh si wakil menjadikan perjalanan si pemimpin dan wakil untuk mencapai tujuan menjadi lebih mudah. 


Dengan hiruk pikuk penentuan wakil, kita tersadar bahwa kita sebagai investor tidak bisa sendiri dalam mencapai tujuan. Mendapatkan wakil yang cocok dan sejalan adalah penting untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai.

X

Featured Post


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


X