Artikel - Ahli

Investment Habit

Artikel Tanggal: Rabu, 12 September 2018


Berbicara mengenai investasi pastinya tidak akan ada habisnya, apalagi bila kita membahasnya di portal kesayangan kita ini.

Kebiasaan untuk berinvestasi atau "Investment Habit" sudah banyak digembar-gemborkan di media, baik online maupun offline. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan saya sering diminta untuk memberikan materi tentang pentingnya kebiasaan ini.

Dari pengalaman yang saya dapatkan dalam beberapa kali menjadi pemateri, panitia selalu menggambarkan bahwa investment habit identik dengan keuntungan-keuntungan materi, yang mana memang hal tersebut adalah salah satu efek baik dari kebiasaan investasi. Sebagai contoh mudah, bila kita berinvestasi di salah satu saham bluechips di tahun 2008 atau 10 tahun lalu, maka keuntungan yang kita dapatkan  dalam periode waktu tadi memang lebih besar dari inflasi atau sesuai dengan kaidah investasi. Namun apakah hanya soal uang? Padahal sebenarnya investment habit tadi memiliki misi lebih dalam dari sekedar keuntungan berupa uang dan bisa menjadi gaya hidup yang baik untuk dilakukan.  

 

1. Masa Depan

Mereka yang memiliki kebiasaan investasi pasti adalah orang yang berpikiran maju, karena mereka selalu berusaha untuk berada selangkah atau bahkan 2 langkah di depan orang lain. Memikirkan kondisi pensiun saat yang lain sedang gandrung belanja, menatap optimis biaya pendidikan anak ketika yang lain masih sibuk memilih baju dan celana yang cocok untuk anaknya. Jadi, mereka selalu  memikirkan masa depan karena hakikat investasi adalah mencapai dan merencanakan masa depan sesuai dengan harapan mereka.

 

2. Prioritas

Kelebihan mereka yang memiliki kebiasaan investasi adalah bisa memilah dengan baik prioritas dalam keuangan mereka. Mendahulukan investasi sebelum berbelanja manjadi hal rutin yang dilakukan. Sehingga tidak pernah tergoda oleh hal-hal duniawi lain karena sudah sangat tahu mengapa satu hal didahulukan dan hal lain harus dikesampingkan.

 

3. Value bukan harga

Mereka yang sudah terbiasa dengan investasi, tanpa sadar akan mengetahui kebutuhannya lebih baik dari orang lain bahkan  pasangannya. Sehingga tidak jarang dianggap tidak gaul atau mengikuti zaman bahkan mungkin ada yang menganggapnya miskin. Tapi sebenarnya mereka yang memiliki kebiasaan investasi sangat mengerti bahwa sebenarnya yang mereka butuhkan adalah nilai, bukan sekedar harga. Kendaraan bernilai karena bisa mengantarkan seseorang dari satu tujuan ke tujuan lainnya, bukan karena merek atau harganya yang selangit.

 

4.  Optimis

Satu lagi kelebihan mereka yang memiliki investment habit adalah optimis dengan hidupnya. Mereka mempercayakan hidup masa depan mereka ke produk yang mungkin baru akan terlihat hasilnya 10 bahkan bisa jadi 50 tahun lagi. Tapi mereka percaya dengan yang mereka lakukan karena mereka sangat optimis produk yang mereka pilih bisa mengantar mereka mencapai tujuan. Jadi walaupun jalan yang harus ditempuh tidak terlihat, namun mereka yakin pada saatnya kelak, hasil bisa dicapai.

 

5.  Percaya proses bukan hanya hasil

Nah ini kelebihan yang saya kira sangat spesial dari seorang yang memiliki kebiasaan investasi, yaitu mereka akan menghargai proses dan tidak hanya sekedar hasil. Hasil yang baik pasti melewati proses yang harus dilewati dengan gelombang yang mungkin akan menyertainya. Namun ketika proses tadi benar dilakukan, maka gelombang adalah bagian dari perjalanan untuk mencapai hasil dan bukan penghambat.

Investment habit atau kebiasan untuk berinvestasi memang memberikan keuntungan berupa materi kelak. Tapi bila itu bisa dilakukan dengan baik, maka itu akan menjadi gaya hidup yang menyehatkan bagi kita.  

X

Featured Post


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


X