Artikel - Ahli

Hati-Hati Hoaks Investasi

Artikel Tanggal: Selasa, 09 Oktober 2018

       

      Hoaks sedang menjadi topik hangat di minggu-minggu ini. Kata yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai “berita bohong” dan dalam Kamus Oxford didefinisikan sebagai “sebuah kebohongan yang dibuat dengan maksud jahat” ini, menjadi hits setelah ranah politik dan sosial negara kita digegerkan dengan berita dan pengakuan adanya berita bohong.

        Kalau kita menggabungkan definisi yang terdapat di Kamus Bahasa Indonesia dan Oxford di atas, maka boleh dibuat suatu definisi bahwa hoaks adalah suatu berita yang sengaja dibuat, yang tidak sesuai dengan kenyataan dan bertujuan untuk merugikan dan merusak (tujuan jahat). 


Hoaks Investasi

     Walaupun mungkin kata hoaks investasi adalah kata yang belum umum diutarakan, namun sebenarnya tindakan hoaks investasi tadi sudah sangat banyak dilakukan dan diberitakan. Sebagai contoh mudah, Anda mungkin masih ingat bagaimana cerita manis mengenai investasi dengan berbagi ke sesama, untuk bersama-sama mewujudkan mimpi yang disebut dream for freedom. Program ini diberitakan sangat mulia, karena selain investasi, seseorang juga dapat ikut membantu sesama dengan memberikan bantuan ke orang lain. Dan untuk mereka yang memberikan bantuan, nantinya juga akan mendapatkan bantuan dari orang lain dengan pengembalian sampai dengan 30%. Luar biasa bukan jika sebuah investasi bisa memberi hasil 30% hanya dalam waktu 2 minggu  saja? Pada akhirnya investasi ini terbongkar belangnya, dan kemudian ribuan investornya harus rela membebaskan investasi miliknya menjadi sebuah mimpi indah tanpa hasil.

       Masih banyak contoh-contoh lainnya. Sebut saja Koperasi Langit Biru, Koperasi Pandawa, Investasi Forex tanpa izin, dan MLM tanpa izin. Mereka adalah sebagian kecil dari jenis hoaks investasi tadi. Per September 2018 saja, OJK telah menutup lebih dari 100 entitas investasi hoaks dan ini belum ditambah dengan tahun-tahun sebelumnya, yang tentunya mungkin akan lebih banyak lagi di tahun-tahun ke depan. 


Ciri Hoaks Investasi

       Dengan maraknya jenis hoaks investasi ini, dan makin beragamnya cara-cara mereka menyebarkan hoaks, maka sudah sewajarnya kita berhati-hati dengan investasi yang kita lakukan. Sebab bagaimanapun, hoaks tadi dibuat dengan tujuan yang jelas yaitu kejahatan. Karena ketika berinvestasi, kerugian terbesar yang dapat dialami adalah kehilangan investasi kita, jadi jangan heran bila kejahatan yang mereka lakukan bertujuan untuk membuat investornya rugi.

Agar kita terhindar dari hoaks investasi tadi, mungkin kita bisa mepelajari beberapa ciri hoaks tersebut:

  • Tawaran hasil

Biasanya hoaks investasi ini selau menawarkan hasil yang sangat tinggi bahkan bisa dikatakan sangat menarik. Bayangkan bisa sampai 1% per hari atau 30% per  bulan. Ada juga yang bisa menjanjikan 30% tadi dalam 15 hari. Luar biasa bukan?

  • Cara yang mudah

Ngga perlu kerja keras, hanya butuh serahkan uang dan percaya. Ini biasanya ciri kedua. Investor yang harus kerja berat, hanya butuh setor, cari teman dan tunggu hasil maka si investasi tadi akan mewujudkan janji-janjinya.

  • Tanpa risiko

Siapa yang tidak tertarik bila uang yang diinvestasikan pasti memberi hasil dan tidak ada risiko sama sekali? Padahal tidak ada kan investasi yang tanpa risiko. Jadi, iming-iming ini yang biasanya ditawarkan kepada investor. 

  • Menghasut

Sering menggunakan rekomendasi orang penting atau orang terkenal, baik secara legal maupun hanya comot foto atau quote agar terkesan direkomendasikan dan digunakan oleh tokoh-tokoh atau public figure

  • Tidak transparan

Nah, ini yang sebenarnya faktor negatif dari investasi hoaks yang sayangnya sangat jarang diperhatikan oleh investor. Tidak ada informasi dimana kantornya, tidak jelas apa izinnya, dan tidak tertulis juga siapa saja yang bertanggung jawab di perusahan tersebut. 


        Akhirnya, investasi adalah sebuah kebutuhan saat ini, dan kita adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab dengan masa depan kita. Agar tujuan mulia kita untuk sukses di investasi tidak hancur akibat hoaks, maka kita harus bisa membedakan mana investasi yang benar dan yang hanya sekedar hoaks.



Sumber gambar: freepik.com

X

Featured Post


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


4 Trik Awal Memulai Investasi

Selasa, 10 Oktober 2017


4 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Gagal Berinvestasi

Senin, 11 September 2017


Portofolio Reksa Dana, Perlukah?

Senin, 07 Agustus 2017


Rugi dan Potensi Rugi

Senin, 10 July 2017


X