Artikel - Ahli

Empat Tips Dasar Agar Resolusi Bisa Berjalan

Artikel Tanggal: Rabu, 16 Januari 2019



Selamat Tahun Baru 2019!

Sudah lebih dari 2 minggu kita memasuki tahun 2019. Sebagai salah satu narasumber informasi berita, topik yang selalu saja saya dapatkan dari para jurnalis adalah tentang resolusi. Resolusi secara mudah bisa diartikan sebagai harapan akan perubahan yang akan dilakukan dan impian yang ingin dicapai di tahun yang baru. Kenapa tahun baru dianggap sebagai momen yang tepat? Sebenarnya ngga wajib juga sih, tapi tahun baru atau khususnya bulan di awal tahun digunakan agar lebih mudah untuk menandakan, serta bisa menjadi titik awal untuk memulai suatu hal yang baru. Satu lagi yang pasti, supaya ada temannya yang senasib untuk membuat komitmen, karena biasanya resolusi dibuat bersama dengan teman-teman lainnya saat di acara tahun baru atau ibadah menyambut tahun yang baru.

 

Resolusi = Impian + Aksi/Action


Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, resolusi populer yang dilakukan orang di tahun yang baru ada beragam. Dalam hal kesehatan misalnya, yang paling populer adalah ingin lebih kurus, ingin berhenti merokok, dan ingin hidup lebih sehat. Dalam kehidupan keluarga, seperti ingin lebih mencintai orang tua, membahagiakan keluarga dan memperhatikan orang tua. Dalam keuangan juga dikenal beberapa resolusi populer seperti hidup lebih hemat, memiliki investasi, atau memiliki bisnis online.

Nah apakah Anda juga ber-resolusi?

Sekali lagi banyak orang membuat resolusi tapi gagal menjalaninya apalagi mendapatkan hasilnya. Tidak pernah turun berat badan, lupa untuk membahagiakan orang tua atau gagal bisa hidup hemat. Kegagalan tadi sebenarnya bukan karena resolusinya sulit ataupun resolusi yang dibuat salah. Namun sering karena kita salah memaknai resolusi tadi. Kita menjadikan resolusi sebagai sebatas impian atau mimpi yang ingin dicapai, padahal seharusnya resolusi adalah mimpi yang ditambah dengan aksi untuk mencapainya agar kita tahu tahapan apa saja yang harus dilalui untuk mencapai impian tadi dan bisa melakukan evaluasi dalam tiap tahapan yang kita jalani.

Jadi gampangnya resolusi ngga hanya mimpi, tapi harus ada tahapan cara untuk mencapai mimpi tadi yang disebut dengan aksi atau action.

 


Empat Tips


Agar resolusi Anda, khususnya di keuangan dan investasi bisa berhasil, berikut 4 tips dasar yang semoga saja bisa membantu Anda untuk mencapai mimpi di tahun 2019 dan merasakan hasilnya di tahun 2020 nanti.


1.      Realistis

Karena resolusi sebagian adalah mimpi atau impian, maka ngga salah memang kalau kita menggambarkannya dengan sangat luar biasa. Misalnya ingin memiliki rumah di sebuah perumaham elit atau ingin memiliki mobil sport termahal. Tapi hal yang seperti itu membuat kita malas untuk bergerak dan memulai perubahan. Boleh saja memiliki mimpi namun cobalah untuk membuat yang realistis dengan kondisi awal kita. Kalau hanya bisa memulai dengan angka 500 ribu dalam investasi, jangan berencana memiliki sebuah pulau. Tapi untuk memiliki saham perusahaan atau sebuah portofolio reksadana sudah bisa kok

 

2.      Terukur

Satu lagi yang membuat sering kali resolusi sulit dilakukana adalah tidak dibuat dalam ukuran yang jelas. Misalnya lebih memperhatikan orang tua adalah resolusi Anda, namun tidak dibuat ukuran yang jelas apa itu memperhatikan. Buat ukuran yang lebih jelas misalnya menelpon orang tua minimal 2 kali per minggu di tahun 2019, atau mengunjungi rumah orang tua 1x per bulan. Itu jauh lebih terukur dari sekedar “lebih memperhatikan”. Dalam keuangan misalnya memiliki 1 saham perusahaan blue chip, memiliki 1 investasi reksadana sebagai resolusi melakukan investasi di tahun 2019, sehingga bukan sekedar ingin berinvestasi saja.

 

3.      Step Up

Banyak resolusi yang gagal karena pembuat resolusi tidak tahu bagaimana harus memulai sehingga resolusi dapat tercapai. Kita memiliki 12 bulan ke depan sebelum tahun baru 2020. Maka buatlah tahapan mencapai resolusi tadi dalam 12 langkah pencapaian yang makin lama makin besar. Misalnya untuk mencapai dan memiliki saham perusahaan blue chip bisa dimulai dengan melakukan analisa beberapa perusahaan sasaran di bulan Januari, membuka rekening di bulan Februari dan mulai menyetor investasi senilai 3 lot pada bulan Maret dan terus meningkat sampai bulan ke-12. Itu adalah bagian action dari sebuah resolusi.

 

4.      Tidak ada gagal

Waduh, sudah mendekati bulan akhir tahun tapi belum berhasil mencapai resolusi yang diharapkan? Berarti gagal dong?

Tidak. Resolusi tidak ada yang gagal, resolusi bisa terus dilanjutkan menjadi resolusi baru dengan tahun yang berbeda. Ingin lebih hemat di tahun 2019 bukan berarti di tahun 2020 boleh boros kan? Punya investasi di tahun 2019 bukan berarti 2020 terus jatuh miskin kan? Jadi teruskan resolusi menjadi sebuah bagian dari kehidupan, dan buat resolusi baru untuk dicapai di tahun yang baru. Maka tidak ada kata gagal dalam sebuah resolusi, kita masih bisa membuat mimpi dan action baru di tahun depan…

 

Untuk Sahabat Rendra semua, sekali lagi Selamat menjalani tahun baru 2019!

X

Featured Post


Risiko Keuangan bagi Perempuan

Senin, 11 Maret 2019


Salah Memperlakukan Investasi

Rabu, 13 Februari 2019


Lima Tantangan Berinvestasi bagi Milenial

Kamis, 13 Desember 2018


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


3 Strategi Dasar Berinvestasi

Senin, 12 Maret 2018


Reksa Dana Untuk Pensiunmu

Selasa, 20 Februari 2018


Investasi Terbaik di Tahun 2018

Senin, 11 Desember 2017


3 Anggapan Salah Tentang Reksa Dana

Selasa, 14 November 2017


X