Artikel - Ahli

Risiko Keuangan bagi Perempuan

Artikel Tanggal: Senin, 11 Maret 2019


Sahabat Rendra tau ga kalau tanggal 8 Maret dicanangkan sebagai hari Perempuan Internasional?


Jika bicara tentang perempuan, maka sama halnya dengan bercerita tentang semua hal. Kenapa? Karena saat ini hampir tidak ada lagi kegiatan serta aspek kehidupan dan perekonomian yang tidak menyertakan perempuan di dalamnya, atau bisa dikatakan bahwa perempuan selalu ada sebagai bagiannya.


Terlebih lagi apabila kita berbicara tentang uang, perempuan tidak boleh dan tidak bisa diabaikan dalam hal ini. Faktanya di Indonesia, hampir 80% pengelolaan keuangan keluarga dipegang dan ditangani oleh perempuan. Jadi jangan heran bila berbicara tentang uang, tidak boleh mengabaikan dan melepas peran seorang perempuan di dalamnya.


Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan perempuan lebih ahli, dan mungkin harus ahli, dalam mengelola keuangan:

1. Risiko Usia
Menurut data WHO tahun 2016, usia rata-rata hidup manusia di dunia adalah 72 tahun. Dan kalau mau dipilah lebih dalam lagi ternyata usia hidup bagi perempuan adalah 74 tahun, sedangkan laki-laki adalah 68 tahun. Jadi secara umum usia perempuan lebih tinggi dari laki-laki dan rata-rata dunia.
Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata ngga terlalu berbeda jauh. Bila kita mencoba menghitung usia harapan hidup menggunakan kalkulator usia harapan hidup di https://www.bbc.com/indonesia/majalah-44119181, diketahui usia harapan rata-rata orang Indonesia sekitar 74 tahun, dimana seorang perempuan akan hidup 2-3 tahun lebih lama dibandingkan dengan usia rata-rata di negara tersebut. Oleh karenanya risiko bagi perempuan juga menjadi lebih tinggi. Kenapa? Karena harus diakui bahwa kemampuan untuk menghasilkan uang akan terus menurun seiring dengan usia produktifnya yang lambat laun akan berakhir, sementara keharusan mengeluarkan uang terus naik karena harga dan kebutuhan yang terus meningkat di setiap tahunnya.
2.      Risiko Kesehatan
Sahabat Rendra tahu kalau premi kesehatan untuk perempuan lebih tinggi daripada laki-laki dengan usia yang sama? Padahal seperti kita semua maklum, asuransi dibuat untuk mengatasi risiko yang mungkin bisa saja terjadi dan bisa berpengaruh terhadap keuangan kita. Jadi dari fakta tersebut, bisa disimpulkan bahwa perempuan sebenarnya punya risiko lebih tinggi dalam hal kesehatan diri dibandingkan dengan laki-laki. Bila digabungkan dengan kondisi risiko di atas yaitu usia, maka perempuan itu berisiko lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan namun lebih panjang usia hidupnya. Ngeri juga ya, Sahabat Rendraâ?¦
 
3.      Risiko sosial
Walaupun emansipasi wanita sudah dicanangkan sebagai suatu kampanye sosial yang bersifat global, namun harus disadari bahwa masih banyak isu persamaan dan kesamaan hak antara perempuan dan laki-laki yang belum terwujud. Cerita mengenai Malala tentang perjuangannya untuk bisa sekolah, persamaan hak penghasilan antara pekerja perempuan dan laki-laki, juga tuntutan persamaan jam kerja yang sama, masih saja sering terdengar walaupun tidak sekeras 10 sampai 20 tahun yang lalu.

Semua risiko di atas, memiliki dampak di keuangan. Ketika usia panjang maka butuh biaya hidup yang lebih besar, ketika lebih besar kemungkinan untuk sakit maka butuh uang untuk bisa selalu sehat dan atau memenuhi biaya pengobatan. Dan saat tidak disetarakan dengan pihak lain, maka butuh uang untuk membuat ketidaksamaan tadi menjadi risiko yang tergolong kecil.


Mungkin kalau kita bahas dalam satu diskusi besar, masih banyak lagi sisi-sisi risiko perempuan dalam kehidupannya. Namun seperti sebuah kalimat yang paling saya suka, â??life must go onâ?, bukan berarti risiko-risiko tadi membuat perempuan harus pasrah dengan kehidupannya, tapi justru harus berjuang lebih gigih termasuk dalam hal keuangannya.


Selamat Hari Perempuan Internasional, Sahabat Rendra..

X

Featured Post


Bersyariah dengan Reksa Dana Syariah

Selasa, 16 July 2019


Kalau Ngga Bisa Ke Properti, Ke Reksa Dana Saja

Senin, 17 Juni 2019


Sadarilah, Hidup Tidak Semudah Film The Avengers

Senin, 20 Mei 2019


Berapa Usia yang Tepat untuk Mulai Investasi?

Selasa, 23 April 2019


Salah Memperlakukan Investasi

Rabu, 13 Februari 2019


Empat Tips Dasar Agar Resolusi Bisa Berjalan

Rabu, 16 Januari 2019


Lima Tantangan Berinvestasi bagi Milenial

Kamis, 13 Desember 2018


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


X