Artikel - Ahli

Berapa Usia yang Tepat untuk Mulai Investasi?

Artikel Tanggal: Selasa, 23 April 2019


Dalam salah satu artikel yang saya sempat baca, terdapat fakta bahwa ternyata Warren Buffet salah satu tokoh investasi besar di dunia sepanjang masa memulai investasinya pada usia 11 tahun dengan membeli saham.

Di sisi lain, saya mendapatkan juga informasi dimana Colonel Sanders sebagai pemilik resep legendaries KFC, memulai investasi bisnisnya di usia 63 tahun.

Masuk ke dunia millenial ada Mark Zuckerberg yang memulai Facebook di usia 20-an. Kemudian di Indonesia ada Nadiem Makarim yang mengembangkan Go-jek di usia 20-an juga.

Jadi ada yang memulai investasi di usia sangat belia, ada juga ketika mereka muda tapi ada juga yang memulainya di usia tua. Namun hasilnya sama, yaitu semua mencapai kesuksesannya dengan cara sendiri dan dalam waktunya sendiri.


Kapan Usia Terbaik

Pertanyaan mendasar yang menjadi misteri –dan mungkin menjadi pertanyaan juga bagi Sahabat Rendra-  adalah berapa sebenarnya usia terbaik untuk melakukan investasi? Kalau menjadikan Warren Buffet sebagai pembanding yang memulai investasi di usia 11 tahun, maka kita telah sangat terlambat. Kalau melihat usia Colonel Sanders yang berusia 63 tahun saat memulai bisnisnya, berarti masih lama untuk bisa memulai dan masih ada banyak waktu untuk bersantai. Atau seperti Mark dan Nadiem, pada usia 20-an? Tapi apakah benar pasti sukses?

Investasi sejujurnya merupakan suatu proses, dan bukan sulap yang langsung memberikan hasil atau keuntungan sesaat setelah Sahabat Rendra melakukan investasi. Dengan mempercayai kenyataan ini, maka rasanya jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah makin cepat dimulai makin baik. Artinya makin muda makin baik. Tapi apakah pasti akan berhasil? Itu pertanyaan lain. Usia muda saat memulai investasi, tidak menjamin kesuksesan. Jika memulai di usia muda namun tidak diikuti dengan ketekunan, kepercayaan diri, dan komitmen untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh, niscaya investasi hanya menjadi kegiatan hura-hura sesaat.


Bukan Hanya Usia

Memang harus diakui di usia 63 tahun Colonel Sanders bisa dan berhasil mengembangkan franchise ayam gorengnya menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Jadi pandangan bahwa usia muda saja yang akan berhasil, menjadi basi. Namun harus diterima pula kenyataan bahwa sang Colonel bisa saja mengembangkan franchisenya menjadi lebih besar bila bisnisnya dimulai lebih dini lagi. Walaupun tidak pasti juga, namun risiko untuk gagal relatif lebih rendah karena adanya jangka waktu yang panjang tadi. Sebagai contoh, kita ambil yang paling ekstrem, Warren Buffet. Karena dimulai pada usia 11 tahun, maka kemungkinan risiko gagal menjadi lebih rendah sebagai efek dari panjangnya waktu. Kerja keras keduanya menjadikan investasi yang mereka lakukan di saham dan bisnis ayam mampu membuat mereka sukses. Jadi usia muda memang baik untuk memulai bisnis sehingga risiko gagal menjadi kecil, namun tetap harus  diikuti dengan kerja keras juga ya Sahabat Rendra, agar sukses benar-benar datang.

 

Jadi Usia Terbaik Adalah…

Kembali ke pertanyaan awal, berapa usia terbaik? Bohong bila investasi tidak diikuti dengan kerja keras. Namun usia muda memberi keuntungan berupa kecilnya risiko dibandingkan bila kita memulainya di usia tua. Maka usia terbaik adalah kemarin, bulan lalu, tahun lalu atau bahkan 10 tahun yang lalu, bila Sahabat Rendra memulai investasi dan diikuti dengan kerja keras tentunya. Namun jika Sahabat Rendra baru akan berikhtiar dan bekerja keras saat ini, maka usia terbaik kedua adalah saat ini. Lebih cepat memulai, kemudian tambahkan dengan kerja keras, maka kita akan diberikan bonus waktu yang menguntungkan dari sisi risiko.

 

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah berinvestasi sedini mungkin ya, Sahabat Rendra…….

X

Featured Post


Bersyariah dengan Reksa Dana Syariah

Selasa, 16 July 2019


Kalau Ngga Bisa Ke Properti, Ke Reksa Dana Saja

Senin, 17 Juni 2019


Sadarilah, Hidup Tidak Semudah Film The Avengers

Senin, 20 Mei 2019


Risiko Keuangan bagi Perempuan

Senin, 11 Maret 2019


Salah Memperlakukan Investasi

Rabu, 13 Februari 2019


Empat Tips Dasar Agar Resolusi Bisa Berjalan

Rabu, 16 Januari 2019


Lima Tantangan Berinvestasi bagi Milenial

Kamis, 13 Desember 2018


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


X