Artikel - Ahli

Sadarilah, Hidup Tidak Semudah Film The Avengers

Artikel Tanggal: Senin, 20 Mei 2019


Sobat Rendra udah nonton The Avengers:Endgame, belum? Sampai dengan bulan ini trend Avengers masih cukup fenomenal ya ternyata. Film berdurasi 3 jam ini masih mentereng di beberapa layar besar di sejumlah bioskop meskipun sudah masuk minggu ke-5.

Saya adalah salah satu yang ikut menononton film ini. Satu hal yang menarik untuk saya adalah tentang bagaimana para pejuang bumi berjuang dengan kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semua yang terjadi.

Secara umum, investasi bisa diartikan sebagai pengeluaran saat ini untuk mendapatkan hasil di masa depan. Jadi perbuatan kita pada hari ini mempengaruhi apa yang akan terjadi kelak. Karenanya tidak mengherankan banyak yang menyesal di masa kini karena tidak melakukan investasi di masa lalu. Bahkan hampir di setiap saya memberikan seminar, selalu ada celetukan :kenapa materi seperti ini tidak diberikan atau diketahui sejak dulu ya??


Andaikan Bisa Kembali Ke Masa Lalu

Mengingat dan menyesali masa lalu adalah kegiatan sia-sia yang sering kita lakukan. Menghayal andaikan dahulu kita membuat keputusan berbeda atau mengambil posisi yang lain maka hasil yang didapat tentunya ngga akan seperti sekarang. Andaikata tahun 2010 kita membeli saham bank BCA senilai Rp 27.700.000, maka saat ini Anda akan memiliki asset dari saham bank tadi senilai 280 juta, karena harga saham BCA tahun 2010 adalah Rp 2.770 per lembar.

Seandainya Anda menggunakan emas di tahun yang sama, 1 gram setara dengan Rp 362.000 dan tahun ini nilai asset Anda akan menjadi Rp 614.000 per gram. Atau ketika Anda membeli sebuah reksa dana yang diterbitkan tahun 2010, mungkin saat ini Anda sudah mendapatkan hasil yang juga sudah cukup besar.

Artinya bila kita tahu saat ini bisa lebih baik lagi, maka kita akan berusaha untuk bisa kembali ke masa lalu dan merubah kondisi di masa lalu, agar kondisi masa kini bisa jauh lebih baik.

Tapi seperti saya katakan, hidup ternyata tidak semudah Thanos yang menjentikkan jari tangan dan Avengers yang bisa kembali ke masa lalu. Kita tidak mungkin bisa kembali dan merubah nasib semudah di film.


Ciptakan Masa Depan

Sejatinya, masa lalu adalah referensi dan masa kini adalah pijakan untuk menciptakan masa depan. Siapa yang berhasil di masa kini adalah mereka yang mungkin tidak populer dengan tindakannya di masa lalu. Mark Zuckerberg siap dianggap aneh dengan idenya membuat Facebook. JackMa harus ditolak berkali-kali untuk ide usahanya dan Lo Kheng Hong pasti juga dianggap aneh oleh rekan sejawatnya karena uangnya habis hanya untuk membeli saham. Tapi saat ini siapa yang tidak mengenal mereka. Setiap teman yang mengenal mereka semua pasti berharap bisa menjadi Avengers dan bisa kembali bertemu mereka di masa lalu dan merubah semuanya. Tapi itu ngga bisa, karena sekali lagi itu hanya ada di film.

Jadi mulailah ciptakan masa depanmu sendiri. Investasi memang tidak enak di awal karena hasil baru dirasakan kelak. Jadi masa depan yang nyaman memang masih menjadi sebuah misteri. Tapi sejarah juga membuktikan bahwa mereka yang dulu berinvestasi, saat ini menikmati hasilnya. Nah, apakah kita akan menciptakan masa depan atau selalu berharap untuk bisa kembali ke masa lalu yang  tidak mungkin? Hanya Anda yang bisa menjawab.

 

Selamat menonton Film Avengers dan memulai investasi, Sobat Rendra 
X

Featured Post


Bersyariah dengan Reksa Dana Syariah

Selasa, 16 July 2019


Kalau Ngga Bisa Ke Properti, Ke Reksa Dana Saja

Senin, 17 Juni 2019


Berapa Usia yang Tepat untuk Mulai Investasi?

Selasa, 23 April 2019


Risiko Keuangan bagi Perempuan

Senin, 11 Maret 2019


Salah Memperlakukan Investasi

Rabu, 13 Februari 2019


Empat Tips Dasar Agar Resolusi Bisa Berjalan

Rabu, 16 Januari 2019


Lima Tantangan Berinvestasi bagi Milenial

Kamis, 13 Desember 2018


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


Diskon.. Diskon..

Jumat, 11 Mei 2018


Produk Investasi Bukan Spekulasi

Kamis, 12 April 2018


X