Artikel - Ahli

Ngga Ada Kata Pensiun di Investasi

Artikel Tanggal: Rabu, 11 September 2019


Memasuki masa pensiun adalah suatu keniscayaan yang harus disadari oleh semua orang, bahwa pasti akan terjadi. Waktu dan cara saja yang mungkin berbeda. Ada yang pensiun karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pensiun karena karyawan memintanya sendiri, atau karena aturan yang berlaku.

Pensiun menurut aturan, biasanya ditentukan oleh rentang usia dimana orang yang memasuki usia tertentu akan masuk dalam kategori siap dan diharuskan untuk pensiun. Masalahnya, mereka yang masuk dalam rentang usia ini (biasanya sekitar 50-60 tahun) dikategorikan usia senior atau jika menggunakan bahasa yang lebih vulgar, dikatakan tua.

Usia senior dan mengharuskan mereka pensiun membuat ada anggapan bahwa masa pensiun diartikan sebagai selesainya semua kegiatan bekerja. Selesainya masa bekerja itu menimbulkan anggapan bahwa selesai juga kegiatan lainnya. Memang sih beberapa dari mereka sudah selesai dengan pendidikan anaknya, sudah selesai juga dengan pengumpulan asset karena sudah ngga lagi berpenghasilan. Tapi apakah itu artinya selesai juga berinvestasi?


Kenyataan Pensiun Saat Ini

Untuk Negara Indonesia belum ada perubahan di mana usia pensiun rata-rata adalah sekitar 55–60 tahun bagi mereka yang menyandang status sebagai karyawan. Jadi katakanlah dengan asumsi seseorang mulai bekerja di usia 25 tahun, maka ada waktu sekitar 30-35 tahun untuk bekerja.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), usia harapan hidup orang Indonesia makin tahun makin meningkat. Pada tahun 2019 sesuai dengan data terakhir, ada di sekitaran usia 75 tahun. Jadi kalau kita membuat penggambaran mudah, 35 tahun bekerja, dan kemudian pensiun, Anda harus bisa hidup sekitar 15-20 tahun ke depan sampai usia 75 tahun. Tapi ingat usia harapan hidup itu makin meningkat. Bisa jadi ketika Anda pensiun kelak angkanya menjadi 80 tahun atau lebih.

Tahun 2000 dulu 1 gram emas dihargai sekitar Rp 100 ribu-an dan saat ini tahun 2019 sudah lebih dari Rp 650 ribu per gram. Artinya harga barang sudah naik dan inflasi terjadi, di mana nilai uang kita turun terhadap emas.

Yang terakhir adalah biaya kesehatan terus naik sementara kesehatan diri makin turun. Dua puluh tahun lalu Anda bisa berlari 3 KM selama 12 menit, saat ini mungkin masih bisa tapi dengan waktu yang lebih lama atau dengan usaha yang pasti lebih besar.

Semua contoh di atas membutuhkan uang sebagai solusi. Usia panjang umur membutuhkan dana untuk merawat diri agar tetap sehat dengan mengonsumsi barang yang semakin mahal harganya.


Jadi, Pensiun Kerja ? Pensiun Investasi

Investasi sebagai cara yang diakui untuk meningkatkan nilai asset telah terbukti memberikan manfaat positif di masa depan. Orang punya asset bertambah karena investasi, bisa mencapai tujuan juga dengan investasi. Maka dengan kondisi hidup setelah pensiun yang masih sekitar 15-20 tahun lagi atau bahkan lebih, asset yang tidak diinvestasikan pasti akan menurun nilainya sejalan dengan waktu. Bila ada anggapan bahwa pensiun adalah saat untuk menikmati, ngga salah juga. Tapi berhenti investasi? Nanti dulu.. Kalau menilik naiknya harga emas selama 20 tahun dari Rp 100 ribu-an menjadi Rp 650 ribu-an sekarang, atau bisa dikatakan sudah naik 6x lipat, dan tabungan atau asset Anda hanya mampu membiayai 10 kali pengeluaran Anda setahun saat ini, sudah pasti uang di tabungan tadi ngga akan mampu untuk menyelamatkan hidup Anda sampai usia 80 tahun.

Kesimpulannya adalah investasi bukan kegiatan yang memiliki batas waktu selesai, jadi selama kita hidup maka investasi tetap harus dilakukan. Tetap buat portofolio dan diversifikasi asset Anda untuk masa depan termasuk setelah pensiun.

X

Featured Post


Pelajaran Berharga dari Blackout

Selasa, 27 Agustus 2019


Bersyariah dengan Reksa Dana Syariah

Selasa, 16 July 2019


Kalau Ngga Bisa Ke Properti, Ke Reksa Dana Saja

Senin, 17 Juni 2019


Sadarilah, Hidup Tidak Semudah Film The Avengers

Senin, 20 Mei 2019


Berapa Usia yang Tepat untuk Mulai Investasi?

Selasa, 23 April 2019


Risiko Keuangan bagi Perempuan

Senin, 11 Maret 2019


Salah Memperlakukan Investasi

Rabu, 13 Februari 2019


Empat Tips Dasar Agar Resolusi Bisa Berjalan

Rabu, 16 Januari 2019


Lima Tantangan Berinvestasi bagi Milenial

Kamis, 13 Desember 2018


Millenial Ngga Bisa Beli Rumah? HOAX....

Selasa, 13 November 2018


Hati-Hati Hoaks Investasi

Selasa, 09 Oktober 2018


Investment Habit

Rabu, 12 September 2018


Memilih Wakil . . .

Jumat, 10 Agustus 2018


Menyesal Saat Investasi Turun, Percuma!

Senin, 09 July 2018


Membangun Negara dengan THR

Kamis, 07 Juni 2018


X