Zona MI

Aberdeen Asset Management: Berpikir Untuk Jangka Panjang

Artikel Tanggal: Selasa, 18 Oktober 2016

Dalam sebuah perdagangan besar dengan arus frekuensi yang tinggi, kecanggihan komputer diperlukan untuk dapat mengelola data transaksi jual beli dalam waktu sepersekian detik. Automatisasi komputer berkecepatan tinggi yang dihubungkan oleh koneksi yang sangat cepat dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi para pedagang di dunia finansial, hal ini dapat dianalogikan seperti tembak menembak di jaman Wild West dahulu. Pihak mana yang pertama menembak terlebih dahulu adalah pihak yang akan dapat mengeksekusi harga yang  lebih baik sebelum orang lain beraksi. Mengenai hal tersebut, beberapa pihak berpendapat bahwa perkembangan ini merupakan kemenangan teknologi atas keterbatasan manusia, akan tetapi banyak juga yang menilai hal ini sebagai keuntungan untuk beberapa pihak saja.

 

Pada era saat ini, kita hidup di jaman yang terobsesi dengan kecepatan dimana hal tersebut mengarahkan kita kearah yang serba instan, seperti berita real time, kopi instan bahkan biro jodoh (dan juga perceraian yang cepat). Dalam dunia finansial, kondisi serba instan ini juga menjadi momok karena memicu para pelaku untuk menilai performa investasi hanya dalam jangka pendek. Para analis akan langsung menilai perusahaan-perusahaan yang sedikit  terguncang pada pertengahan tahun atau jika perusahaan tidak mencapai ekspetasi pendapatan hanya dalam satu kuartal. Bahkan sedikit penurunan saja pada nilai asset akan menjadi sesuatu yang krusial bagi para manager investasi, meskipun performa jangka panjang tetap baik.  Di sisi lain, saat ini, para investor pun bereaksi lebih cepat karena adanya akses terhadap pemberitaan perusahaan dan likuiditas yang besar pada dunia finansial. Mereka pun memutar portofolio mereka secara membabi buta demi mendapatkan keuntungan secara instan meski terkadang mengorbankan perkembangan asset jangka panjang demi mengejar keuntungan saat ini. Dan harus kami katakan, bahwa kami, Aberdeen Asset Management bukanlah penganut aliran pendekatan jangka pendek seperti atas.

 

Sebagai permulaan, setiap kali Anda melakukan transaksi dalam berinvestasi, maka akan ada biaya transaksi yang cukup signifikan yang akan dibebankan pada performa investasi tersebut. Mari bicara jujur, apakah ada orang yang selalu bisa dan tepat memprediksi kondisi pasar modal secara konsisten- membeli saat rendah dan menjual saat harga tinggi ?

 

Hal lain yang dapat kita lihat, kadangkala seorang trader kehilangan potensi keuntungan yang telah diprediksi tatkala mereka menghadapi sebuah mesin yang dapat mengeksekusi perintah pembelian atau penjualan saham dalam jumlah besar dalam waktu sepersekian detik.

 

Berbeda dengan hal tersebut, prinsip kami di Aberdeen Asset Management adalah membeli saham dari perusahaan yang bagus dan stabil dan mempertahankan saham tersebut selama mungkin. Hal yang utama bagi Aberdeen adalah keamanan dari saham tersebut bukan cara untuk mengeksploitasi harga dari perdagangannya.

 

Pada dasarnya, dunia finansial itu adalah sesuatu yang efisien, karena nilai saham suatu perusahaan merupakan pencerminan dari nilai perusahaan tersebut. Apabila kita lihat nilai suatu saham dari jangka pendek, kita akan melihat betapa besarnya faktor seperti sentimen, likuiditas dan ketersediaan bahan baku akan mempengaruhi nilai saham itu sendiri, akan tetapi untuk jangka waktu panjang, pengaruh nilai saham lebih dipengaruhi oleh pertumbuhan penghasilan perusahaan yang berkesinambungan. Hal ini membuktikan bahwa menemukan perusahaan yang tepat adalah lebih baik daripada mencoba memprediksi arah sentimen pasar berdasarkan dari pertemuan bank sentral atau pencapaian suatu tim sepak bola dalam piala dunia. Di Aberdeen Asset Management kami selalu melirik perusahaan dengan model bisnis yang mudah dimengerti. Karena kami mempelajari bahwa perusahan-perusahaan tersebut biasanya merupakan pemimpin di industrinya dan memiliki performa keuangan yang baik serta memeperlihatkan bahwa mereka mengerti kebutuhan dari para pemegang saham baik minoritas maupun mayoritas.

 

Ketika kami menemukan perusahaan yang sesuai dengan prinsip kami diatas, yang dijalankan oleh orang yang tepat dan yang menjual saham dengan harga yang pantas, kami akan segera berinvestasi pada saham tersebut dalam jangka panjang, dan apabila terdapat penurunan harga dalam jangka pendek, kami akan melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk menambah porsi saham kami. Sebagai contoh, Aberdeen Asset Management telah memulai investasinya pada OCBC Bank sejak 20 tahun lalu dan investasi kami termasuk dividen telah berkembang lebih dari 500% semenjak tahun 1996.

 

Individual investor mungkin saat ini merasa bahwa mereka semakin tergeser dan melihat bahwa dunia investasi sepertinya hanya berpihak pada beberapa pihak saja dengan mengorbankan pihak lainnya. Akan tetapi solusi terbaik untuk hal tersebut adalah dengan berinvestasi pada beberapa perusahaan yang berkinerja baik dan memberikan waktu bagi perusahaan tersebut untuk berkembang sehingga mereka dapat membuktikan diri bahwa pilihan Anda tepat. Karena tidak ada seorangpun yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi dalam 30 hari mendatang, para investor lebih baik menggunakan waktu mereka untuk mengidentifikasi perusahaan yang akan terus bertumbuh dalam jangka waktu 5 sampai dengan 10 tahun kedepan. Ini bukan saja tentang penggunaan waktu yang lebih tepat tetapi lebih pada pengembalian investasi secara maksimal.