Zona MI

BNI Asset Management: "Investasi Reksa Dana adalah Investasi yang Superior"

Artikel Tanggal: Selasa, 21 Februari 2017


Investasi kini telah menjadi sebuah gaya mengelola keuangan yang sudah tidak asing lagi dan sudah banyak didengungkan. Beragam investasi kini banyak ditawarkan mulai dari properti, emas hingga pasar modal. Khusus investasi pasar modal kini bahkan sudah bisa dieksekusi secara online, bahkan sudah banyak aplikasi di Smartphone untuk investasi pasar modal seperti saham, obligasi ataupun reksa dana. Khusus untuk investasi reksa dana, katanya sekarang sedang jadi salah satu investasi yang cukup seksi dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pada Senin (20/2) lalu, reksadanaku.com berkesempatan untuk melakukan wawancara ekslusif dengan Kepala Divisi Channel Distributions BNI-Asset Management, Harris S. Dalimuthe. BNI Asset Management adalah salah satu perusahaan Manajer Investasi yang dimiliki oleh salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Produk reksa dana dari BNI-AM ini diantaranya ada BNI-AM Kemilau Pasar Uang dan BNI-AM Dana Saham Inspiring Equity Fund. Dalam kesempatan kali ini, Pak Harris dari BNI-AM ini mau cerita ke kita, kenapa sih harus berinvestasi reksa dana dari sekarang? Ini kutipan wawancara selengkapnya!

Pak Harris, kenapa sih masyarakat perlu berinvestasi reksa dana dari sekarang?

Jadi, masyarakat sekarang ini harus mulai berinvestasi di produk reksa dana mengingat reksa dana dapat memberikan manfaat dan keuntungan yang lebih baik ketimbang instrumen investasi lainnya. Selain imbal hasil yang tidak dikenakan pajak, reksa dana dikelola oleh manajer investasi profesional yang menerapkan prinsip kehati-hatian untuk menghasilkan imbal hasil investasi sesuai dengan berbagai tujuan perencanaan keuangan investor yang relevan dengan profil risiko dan jangka waktu yang dipilih. Pada umumnya, semakin tinggi profil risiko dan semakin panjang jangka waktu investasi yang dipilih, reksa dana menghasilkan imbal hasil investasi yang lebih superior dibanding produk investasi keuangan lainnya.

Lalu jika memang reksa dana adalah investasi yang lebih "superior" dibanding yang lain, apa yang bisa mendorong masyarakat untuk memulai berinvestasi reksa dana?

Kesadaran untuk memenuhi kebutuhan finansial dimasa depan yang semakin meningkat karena inflasi dan bertambahnya tujuan perencanaan keuangan lainnya dapat mendorong masyarakat untuk mulai berinvestasi reksa dana. Disamping itu, kemudahan bertransaksi dan nilai investasi yang terjangkau akan sangat mendorong masyarakat berinvestasi reksa dana.

Tapi kayanya masih banyak yang belum kenal sama si reksa dana ini, apa sih pak alasannya?

Masih banyaknya masyarakat yang belum mengenal investasi reksa dana adalah disamping dikarenakan belum memiliki kesadaran untuk memahami instrumen keuangan selain produk perbankan (deposan mindset), juga dikarenakan belum mendapat pengetahuan dan sosialisasi yang memadai tentang reksa dana untuk menghasilkan pola pikir investasi (investment mindset).

Lalu, bagaimana Pak langkah yang bisa dilakukan oleh institusi investasi seperti Manajer Investasi demi membuat masyarakat mau berinvestasi reksa dana?

Demi membuat masyarakat mau berinvestasi reksa dana, kita sebagai manajer investasi bersama dengan para agen penjual harus secara berkesinambungan memberikan edukasi dan juga sosialisasi untuk literasi keuangan dan investasi yang secara progresif memperkenalkan reksa dana sebagai investasi utama bagi masyarakat

Kadang kan edukasi gitu masih terhambat karena masyarakat masih trauma sama investasi bodong, fakta apa sih yang perlu diketahui masyarakat tentang reksa dana yang bisa menghilangkan pemikiran akan investasi bodong itu?

Fakta utama yang harus pertama kali masyarakat pertimbangkan ketika akan berinvestasi tentu adalah legalitas dari produk investasi bersangkutan. Begitu pula dengan investasi reksa dana, investor harus terlebih dahulu memeriksa legalitas dari produk dan manajer investasi yang menerbitkan dan mengelolanya.

Terakhir nih Pak Harris, kan banyak masyarakat yang menganggap investasi itu sulit untuk dilakukan. Lalu untuk investasi reksa dana apakah juga sulit dilakukan?

Memulai investasi reksa dana saat ini sudah sangatlah mudah. Melalui aplikasi online yang dimiliki agen penjual reksa dana seperti Phillip Securities Indonesia, setiap investor dapat dengan mudah memilih produk reksa dana dan bertransaksi sesuai dengan pilihannya. Pahami produknya dan kemudian nikmati hasilnya. 

Wah, terima kasih banyak Pak Harris atas waktunya, semoga masyarakat Indonesia sudah mau sadar untuk memulai berinvestasi reksa dana ya!

Sama-sama ya. Pokoknya, selamat berinvestasi reksa dana untuk seluruh masyarakat Indonesia.



Reporter: Jeems Suryadi Gani
Penyunting: Reza Fairuz