Zona MI

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Reksa Dana Syariah Sekarang

Artikel Tanggal: Jumat, 28 July 2017

Seperti yang kita ketahui, reksa dana memiliki beragam jenis ada reksa dana pasar uang, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Tapi tidak sedikit yang masih ragu untuk memulai langkah untuk berinvestasi reksa dana. Salah satu pertimbangan mereka yaitu “Apakah investasi reksa dana mengandung unsur riba dalam pengelolaan investasinya?”

 

Nah, kalau kamu juga termasuk yang memiliki pertimbangan tersebut, kamu bisa mulai investasi reksa dana syariah. Investasi reksa dana syariah saat ini termasuk reksa dana yang digemari di Indonesia. Supaya tidak ketinggalan, yuk kita intip 5 alasan kenapa kamu harus punya reksa dana syariah sekarang :

 

Sesuai Dengan Nilai Islami

Reksa dana syariah tidak diperkenankan mengandung unsur riba maupun yang mengandung unsur bai’ al-ma ‘dum (short selling). Reksa dana syariah dipastikan sesuai dengan nilai nilai Islami dan nilai nilai itu baik dan cocok untuk semua masyarakat bukan hanya masyarakat Muslim saja.

 

Selektif

Untuk reksa dana syariah, Manajer Investasi (MI) akan lebih selektif dalam hal memilih perusahaan - perusahaan mana yang hutang perusahaannya tidak lebih besar dari jumlah modal. Di samping itu, MI tidak akan memilih perusahaan yang menyimpang dari prinsip syariah seperti perusahaan rokok, minuman keras, dan bank (riba).

 

Diversifikasi

Dalam satu produk reksa dana, biasanya MI akan menempatkan uang investor di berbagai instrumen. Contoh, produk Cipta Syariah Equity dari Ciptadana Asset Management mengalokasikan dananya tidak hanya di saham saja tapi juga di pasar uang. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih aman apabila pasar saham sedang tidak membaik karena tidak semua dananya diinvestasikan di saham.

 

Dijamin Halal

Setiap transaksi yang dilakukan oleh MI untuk produk reksa dana syariah akan melewati proses “cleansing”. Cleansing yaitu proses pembersihan dari hal-hal yang menyimpang dari prinsip syariah yang diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah. Jadi, jangan pernah terpikir kalau investasi reksa dana syariah itu “haram” ya..

 

 

Berkah

Reksa dana syariah kini sangat digemari karena hampir semua produk reksa dana syariah menawarkan berinvestasi sambil berdonasi dimana sebagian dari bagi hasil investasi akan disumbangkan untuk amal. Jadi, ini adalah kesempatan kamu untuk berinvestasi demi masa depan dan akhirat.

 

Kalau kamu masih bingung mau pilih reksa dana syariah yang mana, kamu bisa pilih produk reksa dana Cipta Syariah Equity dan Cipta Syariah Balance dari Ciptadana Asset Management. Cipta Syariah Equity telah meraih beberapa penghargaan diantaranya Best Fund Over 5 Years Equity Indonesia 2015, Best Fund Over 3 Years Equity Indonesia di tahun 2014 dan 2015 oleh Thomson Reuters dan Best Syariah 2015 dengan kategori Reksa Dana Saham Syariah Periode 5 Tahun oleh Majalah Investor.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai investasi reksa dana syariah sekarang!

(cr)