Zona MI

Mempersiapkan Pernikahan Yang Berkesan Tanpa Harus Mahal

Artikel Tanggal: Rabu, 21 Februari 2018

Pernikahan adalah impian bagi semua orang khususnya kaum wanita. Karena perayaan pernikahan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup. Kebanyakan para calon pengantin, khususnya calon pengantin wanita, menginginkan pernikahan yang glamor dan besar-besaran agar berkesan bagi keluarga kedua mempelai maupun para tamu undangan. Biaya yang tinggi dikeluarkan demi ‘gengsi’ tanpa memikirkan kehidupan setelah pernikahan itu sendiri. Sebenarnya untuk membuat sebuah pernikahan yang berkesan, tidak melulu harus menyiapkan biaya yang tinggi dan menyewa vendor-vendor pernikahan yang mahal. Anda bisa tetap mengadakan pesta pernikahan yang berkesan tanpa harus mengirit habis-habisan. Yuk simak tipsnya!

1.       Cari yang Jago Masak

Biasanya porsi vendor makanan dalam sebuah pernikahan cukup besar dan merupakan salah satu aspek yang penting saat acara pernikahan. Tidak terbayangkan bukan, ketika makanan habis saat masih pertengahan acara pernikahan Anda atau makanan yang disajikan sebenarnya rasanya biasa saja namun karena vendor tersebut terkenal, Anda meng-hire mereka. Untuk berhemat pada aspek makanan, Anda bisa meminta kerabat atau saudara Anda yang jago masak untuk memasak pada acara pernikahan Anda. Kalaupun Anda tidak ingin merepotkan saudara atau kerabat yang jago masak, Anda bisa meminta menu sederhana untuk dimasak oleh mereka. Misalnya, bagian kue dan puding ataupun minuman ringan.

 

2.       Fotografer Teman Sendiri

Foto merupakan memori yang tertuang dalam gambar. Biasanya para calon mempelai menginginkan foto yang ‘berbeda’ dari calon mempelai yang lain sehingga  menyewa fotografer yang memiliki ide fantastis namun biasanya harganya juga membuat kantong meringis.  Bila Anda menginginkan foto pernikahan Anda diabadikan sesuai keinginan, maka Anda bisa terlebih dahulu browsing ide-ide foto pernikahan yang unik, lalu jika Anda memiliki teman yang jago fotografi, minta Ia untuk mengabadikan momen-momen penting dalam pernikahanmu. Untuk foto prewedding, Anda bisa mencetak foto sendiri dan pasangan mulai dari bayi sampai masa lamaran. Konsep foto-foto kalian dengan menggunakan format polaroid atau square layaknya Instagram, lalu gantung dengan seutas tali. Manis bukan?

 

3.       Properti Sendiri, Why Not?

Kalau keluarga atau kerabat Anda vila di pinggir kota atau rumah kosong yang masih OK untuk dijadikan tempat Anda melangsungkan pernikahan, kenapa tidak? Jangan ragu untuk meminjamnya. Namun bila tidak ada keluarga atau kerabat dekat Anda yang memiliki properti kosong tersebut, Anda bisa memakai taman dekat tempat tinggal Anda dan memakai tema garden party. Jangan lupa minta izin Pak RT dulu ya. Untuk akad atau holy matrimony, Anda bisa memakai rumah ibadah di dekat rumah Anda.


4.       Dekorasi Tak Kalah Penting

Sebelum Anda menentukan dekorasi, ada baiknya Anda menentukan tema pernikahan terlebih dahulu. Untuk meminimalisir budget pernikahan Anda, pernikahan dengan tema rustic,folk, atau vintage dapat menjadi pilihan Anda. Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang tanpa menghilangkan kesan glamor. Anda juga bisa menata lilin-lilin kecil untuk pemanis pesta pernikahan Anda.

 

5.       Bridesmaids Manis & Elegan

Pasti Anda tidak mau teman-teman dekat Anda terlupakan pada hari pernikahan Anda. Untuk meminimalisir budget, Anda bisa menentukan warna seragam yang akan dipakai teman-teman dekatmu. Nah berikutnya, Anda bisa menambahkan flower crown  untuk para bridesmaids wanita dan dasi kupu-kupu untuk para groomsmen pria.

 

6.       Waktu Pernikahan

Umumnya pernikahan dilangsungkan pada siang atau malam hari bila kedua calon mempelai menyewa gedung-gedung yang hanya menyediakan jam-jam tertentu untuk dipakai. Bila kalian menggunakan properti sendiri, misalnya di taman, sore hari merupakan waktu yang unik dan tepat untuk menghemat budget. Karena sore hari merupakan waktu dimana tamu-tamu sudah makan siang namun belum terlalu lapar untuk makan malam. Jadi kalian juga bisa menghemat aspek makanan dengan menyajikan makanan-makanan ringan seperti pasta, crepes, atau kue-kue ringan.

 

7.       Undangan Pernikahan

Untuk undangan pernikahan Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Banyak sekali cara untuk menghemat di aspek ini, salah satunya adalah dengan Anda menyebarkan undangan versi digital  sehingga Anda tidak perlu menguras dana untuk mencetak undangan pernikahan Anda. Namun Anda tetap harus mencatat siapa saja orang yang akan Anda undang. Jangan sampai melebihi kuota yang telah direncanakan. Bila Anda mampu membuat desain sendiri atau memiliki kemampuan menggambar cukup baik, Anda bisa menggambar kartu undangan Anda dan memindahkannya dalam versi digital. Hemat bukan?


Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menghemat budget pernikahan Anda. Walau pastinya banyak pertimbangan keuangan yang harus dipikirkan matang-matang, jangan lupa persiapkan dana pernikahan Anda dengan berinvestasi terlebih dahulu. Banyak sekali instrumen investasi yang tersedia saat ini contohnya reksa dana. Anda bisa mulai berinvestasi reksa dana persembahan dari Mandiri Manajemen Investasi dengan nominal hanya Rp 50Ribu saja! Dengan begitu Anda bisa mencoba untuk memulai tanpa mengganggu rencana pernikahan Anda. Yuk mulai berinvestasi sekarang!


X