Zona MI

Sehat Jiwa Sehat Kantong

Artikel Tanggal: Senin, 19 Maret 2018

Apa definisi sehat menurut Anda? 

Di era milenial sekarang, sehat tidak cukup hanya “sehat raga sehat jiwa”. Karena menurut WHO, sehat adalah suatu kondisi sejahtera secara jasmani, rohani, dan sosial ekonomi. Itu berarti, sehat tidak cukup hanya sehat secara raga dan jiwa. Seseorang dapat dikatakan “belum sehat” bila kondisi sosial dan ekonomi masih bermasalah. Maka, secara sosial dan ekonomi pun harus sehat. Itulah yang dinamakan sehat yang paripurna.


Kondisi sehat itu penting dan bahkan harus di nomor satukan. Kenapa? Karena zaman now, banyak hal yang bisa membuat kita “tidak sehat” seperti politik, gaya hidup, media sosial, bahkan pekerjaan kadang bisa membuat kita dalam kategori “tidak sehat”.  Sebagai contoh,  ada banyak orang yang badannya sehat tapi jiwanya sakit. Ada juga orang yang jiwanya sehat tapi badannya sakit. Ada pula orang yang badannya sehat jiwanya sehat tapi kantongnya sakit alias kosong. Bahkan bisa jadi, ada orang yang badan sehat, jiwa sehat, kantong sehat tapi tidak punya waktu untuk keluarga, untuk kegiatan sosial. Jika itu terjadi, berarti hal ini mengindikasikan kita belum sehat.


Maka di zaman now ini penting mewujudkan hidup yang “sehat jiwa, sehat kantong”.

Sehat tidak hanya dilihat dari segi kejiwaan dan raga kita saja, namun juga sehat secara finansial. Patut diingat, seseorang tidak bisa dibilang sehat 100% bila mengalami masalah dalam keuangan. Rumah punya, kendaraan ada, tapi uang yang dimiliki hanya untuk hari ini, bagaimana bisa? Apalagi yang terlibat hutang, bisa jadi “lebih besar pasak daripada tiang”. Karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Suatu kondisi kehidupan finansial yang sangat tidak sehat.


Sekarang waktunya kita mewujudkan “sehat jiwa, sehat kantong”.

Tidak hanya keadaan jiwa dan raga yang terjaga kesehatannya, namun kondisi finansial yang “sehat” akan membuat kita merasa nyaman dan tenang karena menjamin masa depan kita. Sehat jiwa sehat kantong dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup yang konsumtif menjadi lebih hemat dan produktif. Bahkan lebih hebat lagi, bila mampu dan mulai berani memilih alternatif investasi yang menguntungkan. Investasi yang “menjanjikan” kenyamanan finansial di masa depan. Sehat jiwa sehat kantong yang paripurna.


Gimana caranya agar sehat jiwa sehat kantong?

Untuk mencapai sehat jiwa, sehat kantong tentu ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan menunda sedikit kenikmatan hari ini untuk kenyamanan di masa depan. Misalnya dengan mulai menyetor uang secara rutin untuk membeli produk-produk investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Jika demikian, maka alternatif investasi yang paling pas adalah reksadana. Sehat jiwa sehat kantong bisa dimulai dengan investasi di reksadana.


Dengan pengalaman lebih dari 27 tahun, Ciptadana Asset Management (CAM) merupakan salah satu manajer investasi di Indonesia yang mengelola dana investor secara profesional. Untuk memastikan target investasi dan bertumbuhnya kekayaan finansial investor, CAM menawarkan beragam reksadana yang kompetitif dan terjangkau seperti: RencanaCerdas, CiptaSyariah Equity (Saham), CiptaSyariah Balance, CiptaDinamika (Campuran), Cipta Bond (PendapatanTetap), dan Cipta Dana Cash (PasarUang). Saat berani membuat keputusan investasi yang tepat, CAM selalu siap mendampingi Anda. (Sumber: Syarif Yunus/CAM)



X